Tekan Angka Pengangguran dan Kemiskinan, DPR Dorong Anak Muda Giat Berwirausaha

Jum'at, 16 Juni 2023 - 23:00 WIB
loading...
Tekan Angka Pengangguran dan Kemiskinan, DPR Dorong Anak Muda Giat Berwirausaha
Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Gerindra Kamrussamad mengatakan anak muda di Jakarta harus berwirausaha untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Gerindra Kamrussamad mengatakan anak muda di Jakarta harus berwirausaha untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

Hal itu disampaikannya saat acara Peluncuran Jakarta Kreatif Festival (JaKreatifest) 2023 jelang HUT ke-496 Jakarta di Central Atrium Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, Jumat (16/6/2023).



Kamrussamad menjelaskan masalah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia dewasa ini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah. Berdasarkan data yang disampaikan, angka pengangguran sebelum Covid-19 tahun 2019 mencapai hingga 3,47%. Kemudian setelah Covid tahun 2022, naik menjadi 4,69%.

Sedangkan potret kemiskinan sebelum Covid-19 2019 sebesar 7,69% atau 366.000 jiwa dan setelah Covid-19 tahun 2022 sebesar 8,63% atau 502.000 jiwa.

"Inilah tugas kita semua untuk fokus membantu percepatan program pengentasan kemiskinan. Tentu DPR mengawasi pelaksanaan program tersebut," ujar Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha (BPP) Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA) ini.

Ia menjelaskan penciptaan wirausaha muda merupakan solusi mengatasi pengangguran dan kemiskinan. Jika langkah itu digalakkan, ia pun optimistis ekonomi Jakarta akan terus tumbuh dan berkembang ke depan.

Untuk itu, Kamrussamad mengapresiasi penyelenggaraan JaKreatiFest 2023 yang digelar oleh Bank Indonesia (BI) Jakarta hingga 18 Juni nanti. Kegiatan ini dinilainya dapat mendorong anak muda dalam membuka lapangan kerja baru.

"Jakreatifest ini adalah sebuh momentum yang bisa kontribusi bagi penciptaan wirausaha muda. Dengan adanya wirausaha muda tumbuh di mana-mana, maka akan menyerap lapangan kerja," paparnya.



"Kita berharap BI bisa memberikan pembinaan, pelatihan serta akses permodalan melalui jalur perbankan dan pembaharuan pada teknologi produksi para pelaku wirausaha muda sehingga mencapai pangsa pasar yang lebih marketable (menguntungkan) lagi," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2691 seconds (0.1#10.140)