7 Fakta Letjen Yogie S Memet, Jenderal Kopassus yang Pernah Jadi Mendagri

Rabu, 14 Juni 2023 - 06:08 WIB
loading...
7 Fakta Letjen Yogie S Memet, Jenderal Kopassus yang Pernah Jadi Mendagri
Yogie Suardi Memet perwira tinggi TNI AD yang pernah menjabat sebagai Mendagri. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Yogie S Memet atau yang memiliki nama lengkap Mohammad Yogie Suardi Memet merupakan mantan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat . Tak itu saja, Yogie S Memet juga pernah menjadi birokrat sekaligus politikus di Indonesia.

Karier mentereng itulah yang membuat dirinya banyak disegani oleh banyak orang. Tak heran jika banyak yang melirik fakta menarik dari jenderal yang satu ini.

Berikut tujuh fakta menarik tentang Jenderal Yogie S Memet:

1. Pernah Menjadi Gubernur Jawa Barat

Nama Mohammad Yogie Suardi Memet tercatat pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Ia pernah menduduki jabatan tersebut pada tahun 1985-1990 dan terpilih kembali untuk masa jabatan 1990-1993.

2. Menjadi Menteri Dalam Negeri Indonesia ke-20

Saat tengah mengemban amanat sebagai Gubernur Jawa Barat periode dua, Yogie Suardi kemudian ditunjuk untuk menjadi Menteri Dalam Negeri Indonesia oleh Presiden Soeharto.
Kala itu dirinya ditunjuk untuk menggantikan Jenderal Rudini dengan masa jabatan tahun 1993-1998.

3. Pernah Menjadi Panglima Komando Daerah Militer VI/Siliwangi ke-15

Sebelum menjadi seorang gubernur, Yogie S Memet lebih dulu ditunjuk menjadi Panglima Komando Daerah Militer VI/Siliwangi ke-15. Waktu itu ia ditugaskan untuk menggantikan Letjen. TNI. Raden Himawan Soetanto dengan masa jabatan lima tahun, mulai tahun 1978-1983.

4. Menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Sandi Yudha ke-15

Pada tahun 1975-1978 dirinya juga pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Sandi Yudha ke-15. Amanat tersebut diembannya usai ditunjuk oleh Panglima TNI untuk menggantikan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Witarmin.

5. Pernah Merangkap Tiga Jabatan Sekaligus

Saat menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Sandi Yudha ke-15 dirinya juga ditunjuk oleh Panglima ABRI Jenderal TNI M Jusuf untuk menjabat sebagai Pangdam Siliwangi. Sehingga dirinya merangkap dua posisi strategis itu.

Pada tahun 1982, Yogie kemudian kembali diamanahi sebagai Panglima Komando Wilayah Pertahanan (Pangkowilhan) II yang membawahi wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Saat itu pangkatnya pun naik satu tingkat menjadi Letnan Jenderal.

6. Anggota Dewan Pertimbangan Agung

Usai menjabat Menteri Dalam Negeri, karier Yogie pun semakin melesat hingga menduduki jabatan Anggota Dewan Pertimbangan Agung. Jabatan tersebut diembannya mulai dari tahun 1998 hingga 2003.

7. Wafat Pada Tahun 2007

Setelah tidak lagi menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Agung, kesehatan Yogie kemudian semakin memburuk yang menyebabkan dirinya harus selalu cuci darah. Pada hari Kamis, 7 Juni 2007, ia pun meninggal karena mengalami gagal ginjal kronis di Rumah Sakit Advent Bandung.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)