6 Fakta Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan yang Masuk dalam Bursa Cawapres 2024

Minggu, 11 Juni 2023 - 09:20 WIB
loading...
6 Fakta Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan yang Masuk dalam Bursa Cawapres 2024
Moeldoko merupakan purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Moeldoko merupakan purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini dirinya tengah mengemban amanat sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Selama berkarier di militer hingga sekarang, nama Moeldoko kian menjadi sorotan. Oleh karenanya sejumlah fakta tentang dirinya bakal menarik untuk diketahui.


Berikut lima fakta menarik tentang Jenderal Moeldoko:

1. Jenderal Asal Kediri

Moeldoko diketahui lahir pada tanggal 8 Juli 1957 di Pesing, Purwoasri, Kediri, Jawa Timur. Dirinya merupakan putra bungsu dari 12 bersaudara dengan ayah yang bernama Moestaman dan ibunya bernama Masfuah.

Dalam riwayatnya, Moeldoko juga telah menikah dengan Koesni Harningsih Nasution. Atas pernikahannya, mereka dikaruniai dua orang anak bernama Randy Bimantoro dan Joanina Rachma.

2. Kepala Staf Presiden Sejak 2018

Sebelum mejabat Kepala Staf Kepresidenan pada Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Presiden Joko Widodo dengan wakilnya Ma'ruf Amin pada 23 Oktober 2019 lalu, Moeldoko mengemban jabatan sebagai Kepala Staf Keamanan Negara. Jabatan tersebut diembannya sejak tanggal 17 Januari 2018 atau pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.


3. Mantan Panglima TNI

Dalam riwayat karier militernya, Moeldoko pernah menjadi Panglima TNI. Kala itu ia dipilih untuk menggantikan Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono yang sudah memasuki usia pensiun. Ia menjabat sebagai Panglima TNI terhitung sejak 30 Agustus 2013 hingga 8 Juli 2015.

4. Pernah Menjadi Kepala Staf Angkatan Darat Tersingkat

Moeldoko juga tercatat pernah menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) dengan masa jabatan tersingkat. Dirinya menjabat sebagai KASAD pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan masa jabatan empat bulan saja. Dimulai pada 20 Mei 2013 hingga 30 Agustus 2013.

5. Terpilih Menjadi Ketua Umum Partai Demokrat di KLB

Jenderal TNI yang satu ini juga pernah terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dalam Kongres Luar Biasa (KLB) periode 2020-2025. Kongres tersebut digelar di Deliserdang, Sumatera Utara.

Namun kongres tersebut dinilai tidak sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Partai Demokrat, sehingga ia diminta mengembalikan jabatannya tersebut kepada DPP Partai Demokrat.

6. Masuk Bursa Cawapres 2024

Baru-baru ini nama Moeldoko juga masuk dalam daftar calon wakil presiden (cawapres) 2024. Pria berusia 65 tahun ini direkomendasikan oleh Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi. Selain dirinya, Menko Polhukam Mahfud MD dan Menparekraf Sandiaga Uno juga masuk dalam daftar usulan tersebut.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)