Hadiri Rakernas PDIP, Jokowi Beberkan Tantangan Global yang Dihadapi Indonesia

Selasa, 06 Juni 2023 - 13:52 WIB
loading...
Hadiri Rakernas PDIP, Jokowi Beberkan Tantangan Global yang Dihadapi Indonesia
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan bakal capres Ganjar Pranowo konferensi pers usai menghadiri Rakernas PDIP di Jakarta, Selasa (6/6/2023). FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Sekolah Partai PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023). Di hadapan kader banteng, Jokowi menyampaikan sejumlah tantangan dan kesulitan global.

"Tadi saya di Rakernas PDI Perjuangan menyampaikan mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi oleh negara kita utamanya dalam kesulitan-kesulitan global yang sudah sering saya sampaikan baik yang berkaitan dengan krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan dan adanya perang," kata Jokowi dalam jumpa pers secara daring, Selasa (6/6/2023).

Menurut Jokowi, tantangan-tantangan tersebut harus diketahui oleh para pimpinan dan kader PDIP. Dengan begitu, kata Jokowi, ke depan bisa dibuat rencana besar untuk mengelola bangsa Indonesia.



"Saya kira tantangan-tantangan seperti itu harus kita ketahui bersama sehingga PDI Perjuangan bisa mendesain sebuah rencana besar kepada nantinya ke depan diberikan kesempatan untuk mengelola negara ini, sehingga bayangan-bayangan yang tadi saya sampaikan paling tidak bisa dipersiapkan perencanaannya lebih dalam," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan Indonesia bisa menjadi negara maju dalam 13 tahun ke depan. Maka dari itu, dirinya menekankan agar perencanaan pembangunan harus dipersiapkan lebih baik khususnya oleh PDIP.

"Tetapi ada sebuah kesempatan besar dalam membawa negara ini masuk menjadi negara maju dalam 13 tahun ke depan. Ini juga tentu saja akan lebih baik kalau perencanaan besarnya disiapkan mulai dari sekarang di dalam Rakernas PDI Perjuangan ini," katanya.

Rakernas PDIP dibuka langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dalam rakernas bertema Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara, Megawati menyampaikan pidato secara tertutup.



"Selanjutnya kita akan mendengarkan pidato politik Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri, di mana acara ini tertutup. Sekali lagi, acara ini tertutup. Yang terhormat kita beri tepuk tangan meriah, kita sambut, sambutan dari Ibu Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri," kata pembawa acara Rakernas.

Prananda Prabowo lalu menghantarkan Megawati menuju kursi sambutan yang berada di tengah-tengah aula Sekolah Partai.

Kemudian acara berlangsung secara tertutup. Siaran Rakernas III PDIP yang disiarkan oleh akun YouTube PDI Perjuangan berhenti.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan alasan pidato Megawati dan Jokowi digelar secara tertutup oleh awak media. Sebab, pidato tersebut berisi soal strategi PDIP dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2024.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)