Selain Soekarno, Tiga Presiden Ini Juga Lahir Bulan Juni

Selasa, 06 Juni 2023 - 13:52 WIB
loading...
Selain Soekarno, Tiga Presiden Ini Juga Lahir Bulan Juni
Pengunjung pameran melihat dari dekat foto Presiden Pertama RI Soekarno. Foto/Dok SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Selain Soekarno , tiga Presiden Republik Indonesia (RI) ini juga lahir pada bulan Juni. Siapa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Bulan Juni menjadi salah satu bulan istimewa bagi Indonesia. Sebab, empat dari tujuh Presiden RI lahir pada bulan Juni.

Sejak merdeka pada 17 Agustus 1945, Indonesia dipimpin oleh tujuh orang Presiden, mulai dari Soekarno yang akrab disapa Bung Karno hingga Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi.

Dari ketujuh Presiden tersebut, empat di antaranya lahir pada bulan Juni. Berikut ini SINDOnews tampilkan profil singkat keempat Presiden RI yang lahir pada bulan Juni tersebut:

1. Soekarno


Selain Soekarno, Tiga Presiden Ini Juga Lahir Bulan Juni

Presiden Pertama RI Soekarno. Foto/Wikipedia

Salah satu Proklamator Indonesia ini lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Soekarno lahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo.

Saat kecil, anak pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai ini sering sakit-sakitan, sehingga pada usia 11 tahun ayahnya mengganti namanya menjadi Soekarno.

Soekarno atau yang lebih dikenal dengan nama Bung Karno menjadi presiden pertama Indonesia sehari setelah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. Saat membacakan proklamasi kemerdekaan, Soekarno didampingi Mohammad Hatta.

Tokoh yang suaranya lantang dan menggelegar saat berpidato sehingga menggugah semangat orang yang mendengarnya ini terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama dalam Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), 18 Agustus 1945.

Bung Karno menjabat presiden selama 22 tahun, hingga digantikan oleh Soeharto pada 12 Maret 1967. Bung Karno wafat pada 21 Juni 1970 di Jakarta dan dimakamkan di Blitar.

2. Soeharto

Selain Soekarno, Tiga Presiden Ini Juga Lahir Bulan Juni

Mural Presiden Ke-2 RI Soeharto. Foto/Dok SINDOnews

Soeharto lahir pada 8 Juni 1921 di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, DIY. Soeharto merupakan anak dari pasangan Sukirah dan Kertosudiro. Soeharto menjadi Presiden ke-2 RI pada Maret 1967.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)