Amzulian Rifai Resmi Terpilih Jadi Ketua KY 2023-2025

Senin, 05 Juni 2023 - 17:48 WIB
loading...
Amzulian Rifai Resmi Terpilih Jadi Ketua KY 2023-2025
Ketua KY Amzulian Rifai (kiri) dan wakilnya Siti Nurdjanah (kanan). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Amzulian Rifai resmi terpilih menjadi ketua Komisi Yudisial ( KY ) Paruh Kedua Periode Juli 2023-Desember 2025. Amzulian bersama wakilnya, Siti Nurdjanah meraih suara terbanyak dalam voting Rapat Pemilihan Pimpinan KY di auditorium KY, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023).

Amzulian meraih 5 suara. Dia mengalahkan Binziad Khadafi yang memperoleh 2 suara. Sedangkan, Siti Nurdjanah mendapatkan 4 suara. Dia mengalahkan Joko Sasmito yang meraih 2 suara.

Usai terpilih menjadi Ketua KY, Amzulian bertekad bekerja keras menjalan tugas dan fungsi pokok (Tupoksi). Dia pun berpegangan teguh pada Dasa Dharma Pramuka.

"Kita harus disiplin, berani, dan setia. Disiplin bekerja, disiplin waktu, berani mengambil keputusan apa pun resikonya sepanjang itu untuk orang dan institusi yang kita pimpin. Kemudian kita harus setia kepada orang-orang yang kita pimpin, dengan lembaga di mana kita berada," ujar Amzulian.



Dia menuturkan, tanpa modal itu, lembaga mana pun tidak bisa menjalankan tugasnya sebagai pengawasan para hakim. Dia pun berharap dukungan semua pihak untuk menjalankan tugasnya dengan baik.

"Saya yakin, apabila kami mendapat dukungan sepenuhnya dari seluruh Anggota KY dan Sekretariat Jenderal untuk meningkatkan cara kerja yang selama ini sudah baik, maka saya yakin kepercyaan publik yang kita dambakan bisa diperoleh," harap Amzulian.

Diketahui, rapat pemilihan ini dipimpin oleh ketua KY periode sebelumnya, Mukti Fajar Nur Dewata. Berdasarkan daftar hadir, seluruh Anggota KY telah hadir. Oleh karena itu, kuorum telah terpenuhi dan telah sesuai dengan ketentuan Pasal 4 Ayat 1 Peraturan KY Nomor 3 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemilihan Pimpinan KY.

Selanjutnya, keputusan pemilihan pimpinan diambil berdasarkan suara terbanyak melalui pemungutan suara. Rapat pemilihan dilakukan dalam dua tahap, yaitu pemilihan Ketua KY dan dilanjutkan dengan Wakil Ketua KY.

Sebelum penghitungan suara, tujuh Anggota KY memberikan pernyataaan penyampaian kesediaan dan ketidaksediaan untuk dipilih menjadi Ketua KY dan Wakil Ketua KY. Calon yang bersedia dipilih menjadi Ketua KY adalah Amzulian Rifai dan Binziad Kadafi. Sementara calon yang bersedia untuk Wakil Ketua KY adalah Joko Sasmito dan Siti Nurdjanah.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)