Elektabilitas Partai Perindo di Jatim Melejit, Lampaui PPP, PAN, dan PKS

Minggu, 04 Juni 2023 - 15:28 WIB
loading...
Elektabilitas Partai Perindo di Jatim Melejit, Lampaui PPP, PAN, dan PKS
Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang dipimpin Hary Tanoesoedibjo terus mengalami peningkatan elektabilitas jelang Pemilu 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang dipimpin Hary Tanoesoedibjo terus mengalami peningkatan elektabilitas. Hal tersebut terlihat dari hasil survei terbaru Survei Surabaya Research Syndicate (SRS) yang dilakukan pada tanggal 20 hingga 30 Mei 2023 di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur .

“Jika mengacu pada hasil survei ini, Partai Perindo telah melampaui elektabilitas sejumlah partai senior seperti Partai PPP, PAN, dan PKS yang telah lama menghuni Gedung DPRD Jawa Timur,” ungkap Pegiat Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) Midrar Yusya saat konferensi pers secara virtual, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga: Survei Indikator Ungkap Elektabilitas Partai Perindo Terus Meningkat
Diketahui, survei SRS menggunakan sampel sebesar 1.000 responden di Jawa Timur diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis. Dimana margin of error 3,1% dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Hasil survei SRS mendapatkan bahwa sebanyak 18,2% memilih PDIP, kemudian PKB 17,8%, Gerindra 14,2%, Golkar 10,2%, Demokrat 8,9%, Nasdem 8,7%. Selanjutnya, sebanyak 5,2% akan memilih Partai Perindo, yang mengalahkan PPP dengan 5,1%, PKS 3,7%, dan PAN 2,5%.

“Partai Gerindra ini menjadi partai papan atas di daerah Jawa Timur bersama PDIP dan PKB. Partai Perindo melejit menjadi partai papan tengah bersama Partai Golkar, Demokrat, dan Partai Nasdem,” jelas Midrar.

Lebih lanjut, Midrar mengatakan bahwa hasil survei ini menunjukkan bahwa Partai Gerindra dan Partai Perindo mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan perolehan suara Pemilu 2019 lalu.

“Mengenai elektabilitas partai politik dalam Pemilu 2024, hasil survei yang dilakukan oleh SRS kali ini menunjukkan bahwa Partai Gerindra dan Partai Perindo mengalami peningkatan dalam kapasitas yang cukup signifikan dibandingkan perolehan suara mereka pada pemilu yang lalu di tahun 2019,” paparnya.



“Jika saat ini diadakan pemilu sebanyak 14,2% responden mengaku akan memilih Partai Gerindra dan 5,2% menyatakan pilihannya pada Partai Perindo,” pungkas Midrar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)