Golkar Tegas Menolak Pemilu Sistem Proporsional Tertutup

Minggu, 04 Juni 2023 - 13:16 WIB
loading...
Golkar Tegas Menolak Pemilu Sistem Proporsional Tertutup
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, bahwa partainya menolak terkait pelaksanaan Pemilu dengan sistem proporsional tertutup. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, partainya menolak Pemilu dengan sistem proporsional tertutup. Terlebih, kata Airlangga, bakal calon legislatif (bacaleg) partainya disiapkan untuk menghadapi sistem proporsional terbuka.

"Partai Golkar masih berjuang soal pemilihan umum di tahun 2024 adalah pemilihan yang terbuka, susunan bacaleg Golkar mencerminkan pemain yang disiapkan untuk bermain terbuka," kata Airlangga saat rapat kerja nasional (Rakernas) di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Minggu (4/6/2023).

"Oleh karena itu, Golkar terus berjuang untuk sistem pemilihan proporsional terbuka," sambungnya.



Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu pun berterima kasih atas sikap delapan Fraksi DPR RI yang kembali menegaskan untuk menolak sistem proporsional tertutup di Pemilu 2024.

"Dan kemarin saya berterima kasih kepada Fraksi Golkar yang terus mengkonsolidasikan 8 partai yang telah berjuang untuk terbuka," katanya.

Airlangga mengaku juga telah berkomunikasi dengan seluruh partai politik termasuk PDI Perjuangan. Bahkan ia mengungkap bahwa bacaleg PDIP pun siap untuk proporsional terbuka.

"Saya juga sudah berkomunikasi dengan keseluruhan partai termasuk PDIP, dan kalau saya lihat bakal calon yang diajukan juga siap untuk pemilihan terbuka," ucapnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)