Didukung PBNU dan PAN, Kandidasi Cawapres Erick Thohir Menguat

Sabtu, 03 Juni 2023 - 20:15 WIB
loading...
Didukung PBNU dan PAN, Kandidasi Cawapres Erick Thohir Menguat
Menteri BUMN Erick Thohir resmi menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kandidasi Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) dinilai terus menguat menjelang Pilpres 2024. Sebab, saat ini Menteri BUMN itu telah mendapatkan dukungan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Erick Thohir dekat dengan sejumlah elite afiliasi politik, semisal PBNU lalu PAN, situasi ini cukup menjadi alasan mengapa ia layak diusung sebagai cawapres," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, Sabtu (3/6/2203).

Untuk diketahui, Erick Thohir merupakan kader dari NU. Ketua Umum PSSI itu adalah Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.



Para petinggi PBNU terekam telah memberikan dukungan kepada Erick Thohir untuk maju menjadi cawapres. Dukungan disuarakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Ketum GP Ansor yang juga Menteri Agama yakni Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut.

Di samping itu, PAN, menjadi partai politik paling getol mendorong Erick Thohir menjadi cawapres di Pilpres 2024. Bahkan PAN memiliki paket lengkap usulan untuk diusung pada kontestasi demokrasi mendatang yakni Ganjar Pranowo sebagai capres dan Erick Thohir sebagai cawapres.

"Erick Thohir layak dan cocok secara politik dengan semua kandidat capres termasuk Ganjar Pranowo," katanya.

Sementara itu, PAN akan melanjutkan silaturahmi politik menjelang Pilpres 2024. Setelah bertemu dengan para petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), PAN dalam waktu dekat dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Partai Gerindra.



"Dengan PDIP akan ada pertemuan lagi, dengan Gerindra juga insyaAllah dalam waktu dekat Gerindra ke DPP PAN," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Yandri Susanto, Sabtu (3/6/2023).

Diakuinya pertemuan dengan partai politik (parpol) lain terkait Pilpres 2024. Yandri mengungkapkan, PAN mengusung Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024.

"PAN bakal tetap mengusung Erick Thohir sebagai cawapres dengan siapa pun koalisinya," ujar Yandri.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)