Panglima Instruksikan Prajurit TNI Jaga Nilai-nilai Pancasila

Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:50 WIB
loading...
Panglima Instruksikan Prajurit TNI Jaga Nilai-nilai Pancasila
Upacara Hari Lahir Pancasila di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (1/6/2023). FOTO/MPI/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meminta kepada para prajurit TNI menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan landasan ideologi bangsa. Menurutnya, saat ini banyak upaya sistematis yang dilakukan untuk menggerus nilai-nilai Pancasila.

"Saat ini banyak sekali upaya sistematis dan terus-menerus yang dilaksanakan oleh para oknum untuk menggerus nilai-nilai Pancasila. Fenomena intoleransi dan polarisasi di tengah masyarakat terus mengemuka," kata Laksamana Yudo Margono dalam amanatnya yang dibacakan Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus & LH Panglima TNI, Mayjen TNI Puji Cahyono saat menjadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (1/6/2023).

Panglima TNI mengungkapkan, perbedaan suku, agama, dan ras menjadi isu yang terus diangkat guna memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu, ia meminta agar para prajurit dapat menjaga nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara serta landasan ideologi bangsa.



Yudo tak memerinci kasus intoleransi maupun polarisasi yang dimaksudkannya. Namun dalam amanatnya, Panglima TNI memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani dan laksanakan.

Pertama, TNI sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 harus memegang teguh sumpah dan janji selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Jangan terpengaruh dengan upaya memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih saat ini tahapan Pemilihan Umum serentak telah dimulai. Untuk itu saya perintahkan kalian semua untuk tetap menjaga netralitas TNI," ucapnya.

Kedua, TNI harus menjadi perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan. Yudo meminta agar prajuritnya dapat menonjolkan persamaan dan mengesampingkan perbedaan dalam kehidupan sehari-hari.



"Baik dalam kedinasan maupun ketika kita berbaur dengan masyarakat," ucapnya.

Ketiga, menjaga sinergitas TNI-Polri, Kementerian, serta Lembaga lainnya. "Sadari bahwa kita adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat untuk bekerja sama, bersinergi dan bergotong-royong dalam upaya memajukan bangsa," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)