Profil Ki Bagoes Hadikoesoemo, Ketua Umum Muhammadiyah yang Jadi Pahlawan Perintis Kemerdekaan Indonesia

Kamis, 01 Juni 2023 - 16:30 WIB
loading...
Profil Ki Bagoes Hadikoesoemo, Ketua Umum Muhammadiyah yang Jadi Pahlawan Perintis Kemerdekaan Indonesia
Ki Bagoes Hadikoesoemo merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ke-5 yang memimpin pada tahun 1942 sampai 1953. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ki Bagoes Hadikoesoemo merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ke-5 yang memimpin pada tahun 1942 sampai 1953. Selain itu, Ki Bagoes juga tercatat pernah menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang merancang UUD 1945.

Berkat jasanya sepanjang masa penjajahan dan kemerdekaan Indonesia, Ki Bagoes mendapatkan gelar Pahlawan Perintis Kemerdekaan Nasional Indonesia pada tahun 2015 lalu.


Profil Ki Bagoes Hadikoesoemo

Ki Bagoes Hadikoesoemo lahir pada 24 November 1890 di kampung Kauman Yogyakarta dengan nama R. Hidayat. Dia adalah putra ketiga dari lima bersaudara Raden Haji Lurah Hasyim, seorang abdi dalem putihan agama Islam di Kraton Yogyakarta.

Sebagaimana umumnya keluarga santri, Ki Bagoes mendapat pendidikan agama dari orang tua dan beberapa tokoh Agama di Kauman. Usai menyelesaikan sekolahnya di Sekolah Ongko Loro, dia kemudian melanjutkan pendidikannya di Pesantren Wonokromo, Yogyakarta.

Dari pesantren ini Ki Bagoes mulai banyak belajar tentang kitab-kitab fikih dan tasawuf. Ketika menginjak usia 20 tahun, dia menikah dengan Siti Fatmah (putri Raden Haji Suhud) dan memperoleh enam anak.

Salah satu anaknya adalah Djarnawi Hadikusumo, yang kemudian menjadi tokoh Muhammadiyah dan pernah menjadi orang nomor satu di Parmusi.

Setelah menikahi Siti Fatmah, Ki Bagoes kembali menikah dengan seorang wanita pengusaha dari Yogyakarta bernama Mursilah. Dari pernikahan ini dikaruniai tiga orang anak.

Ki Bagus kemudian menikah lagi dengan Siti Fatimah (juga seorang pengusaha) setelah istri keduanya meninggal. Dari istri ketiga ini ia memperoleh lima anak.

Berkat kerajinan dan ketekunannya dalam mempelajari kitab-kitab terkenal Ki Bagoes mulai dikenal sebagai orang alim, mubaligh dan pemimpin umat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)