Pilpres 2024, Pengamat Ungkap Peluang Duet Prabowo-Gibran

Kamis, 01 Juni 2023 - 13:53 WIB
loading...
Pilpres 2024, Pengamat Ungkap Peluang Duet Prabowo-Gibran
Wacana memasangkan Prabowo Subianto dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengemuka jelang Pilpres 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wacana memasangkan Prabowo Subianto dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengemuka jelang Pilpres 2024. Namun munculnya wacana ini dinilai bakal mendapat perlawanan dari PDIP.

Pandangan ini disampaikan oleh Analis Politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin saat diminta tanggapannya mengenai judicial review terhadap Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Khususnya, Pasal 169 huruf q tentang batas minimal usia capres dan cawapres oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Menurut Ujang, kemungkinan Gibran dipasangkan dengan Prabowo juga kecil. "Jadi kalau di politik mungkin mungkin saja, tapi kemungkinannya kecil. Walaupun gugatan judicial review dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi," kata Ujang, Kamis (1/6/2023).





Dijelaskan Ujang, walaupun gugatan ini dinilai juga sebagai pintu untuk Gibran menjadi kandidat cawapres. Menurutnya, bila dikaitkan untuk membuka jalan bagi Gibran wajar saja lantaran PSI adalah pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya memang batas usia pencapresan sedang digugat oleh PSI, PSI kan Jokowi banget artinya ke Gibran lah dukungannya, ya saya melihatnya itu hak PSI untuk menggugat," kata Ujang.

Namun, Ujang mengapresiasi Gibran yang terlihat menolak menjadi cawapres karena belum cukup pengalaman maupun rekam jejak. Kata dia, Gibran memilih sikap bijak.



"Jadi yang dikatakan Gibran bijak, seandainya gugatan itu diketuk palu oleh MK, Ketua MK-nya adik iparnya Jokowi, maka Gibran pun belum cukup umur pengalaman dan sebagainya," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0108 seconds (0.1#10.140)