Bulan Inspirasi Bung Karno 2023, Forum Soekarnois Gelar Acara di 4 Kota

Rabu, 31 Mei 2023 - 23:35 WIB
loading...
Bulan Inspirasi Bung Karno 2023, Forum Soekarnois Gelar Acara di 4 Kota
Menyambut Bulan Bung Karno yang jatuh pada bulan Juni, Forum Soekarnois, komunitas yang terdiri dari berbagai kelompok masyarakat kembali menggelar acara Bulan Inspirasi Bung Karno. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menyambut Bulan Bung Karno yang jatuh pada bulan Juni, Forum Soekarnois, komunitas yang terdiri dari berbagai kelompok masyarakat kembali menggelar acara Bulan Inspirasi Bung Karno. Acara yang digelar tahun ke-3 ini akan menghadirkan berbagai kegiatan yang menyajikan internalisasi ide, gagasan, dan konsep kebudayaan dari Bapak Proklomator Indonesia Soekarno .

“Untuk tahun 2023 ini tema yang kita angkat adalah Berkepribadian Dalam Budaya Berorientasi Pada Kreativitas,” ujar Inisiator Forum Soekarnois Bahroji di Jakarta, Rabu (31/5/2023).



Budaya, kata Bahroji, adalah kekuatan lunak yang bisa menjadi alat pemersatu bangsa dan menjadi tameng dalam mengatasi berbagai krisis dan kompetisi global.

“Dan sedari awal, Bung Karno telah menyebut budaya sebagai elemen Trisakti yang dirumuskannya,” jelas Mahasiswa SKSG Universitas Indonesia ini.

Bahroji menguraikan di tengah situasi politik yang hangat saat ini, seluruh elemen perlu mengingat kembali kiprah tokoh-tokoh bangsa dalam menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai dasar negara. Forum Soekarnois, kata Bahroji, sepakat bahwa Pancasila sebagai buah pemikiran Soekarno adalah hasil pergulatan yang disepakati oleh tokoh bangsa lainnya.

"Dan Forum Soekarnois akan konsen pada diskursus ide dan gagasan para pendiri bangsa. Dan peringatan Bulan Inspirasi Bung Karno adalah upaya untuk mentauladani buah pemikiran Bung Karno," tuturnya.

Tahun ini, kegiatan Bulan Inspirasi Bung Karno akan digelar juga di Makassar Sulawesi Selatan selain di Jakarta, Bandung, dan Banten. Adapun rangkain kegiatannya adalah Pasar Gotong Royong, Lomba Pidato Kebangsaan, dzikir, pameran seni rupa, dialog kebangsaan, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Glorifikasi tentang nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan harus terus dilakukan, agar masyarakat Indonesia mengingat pentingnya kebhinekaan ini,” kata Bahroji.

Tahun lalu kegiatan Pasar Gotong Royong ini telah melibatkan ratusan masyarakat di Banten dan rencananya tahun ini akan digelar di dua titik di Sukabumi Jawa Barat dan Pandeglang.



"Seperti yang kita ketahui Bung Karno, adalah sosok yang memiliki karakter kuat dalam mengusung Kebhinekaan dan plural. Kontemplasi dan pergulatannya yang panjang telah melahirkan fondasi ideologi bangsa yakni Pancasila," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)