Pesan Jokowi di Hari Kebangkitan Nasional

Jum'at, 20 Mei 2016 - 15:31 WIB
Pesan Jokowi di Hari Kebangkitan Nasional
Pesan Jokowi di Hari Kebangkitan Nasional
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada hari ini. Jokowi ucapkan makna Harkitnas melalui akun Twitter @jokowi.

Dalam pesannya, Jokowi mengingatkan Indonesia sebagai bangsa besar, maka harus mampu sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Menurutnya, melalui harkitnas Indonesia bisa bangkit dalam meraih kemajuan.

"Sebagai bangsa besar, kita harus bangkit meraih kemajuan, berdiri sejajar dengan bangsa lain di dunia. Selamat #HariKebangkitanNasional," kicau Jokowi, Jumat (20/5/2016).

Untuk diketahui, Hari Kebangkitan Nasional adalah masa di mana bangkitnya rasa dan persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang.

Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8452 seconds (0.1#10.140)