Partai Perindo 4 Besar Parpol yang Paling Disukai, Pengamat: Bukti Kerja Nyata untuk Rakyat

Jum'at, 26 Mei 2023 - 11:30 WIB
loading...
Partai Perindo 4 Besar Parpol yang Paling Disukai, Pengamat: Bukti Kerja Nyata untuk Rakyat
Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) didampingi jajaran pengurus DPP lainnya memberikan pidato politik di Taman Suropati, Jakarta, Minggu (14/5/2023). Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Tingkat kesukaan publik terhadap Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) mencapai 45,5% atau posisi ke-4 setelah Partai Demokrat, Golkar, dan Gerindra berdasarkan hasil survei Litbang Kompas pada Mei 2023. Hasil survei itu memperlihatkan, Demokrat menjadi partai politik (parpol) paling disukai dalam survei yang digelar pada Mei 2023.

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan, 56,5 persen publik suka dengan Partai Demokrat. Berikutnya, ada Partai Golkar dengan angka 51,4 persen pada survei yang sama. Angka ini lebih tinggi dibanding Partai Gerindra di angka 50,1 persen.

Selanjutnya, menempel persis satu tingkat di bawah 3 parpol teratas, yaitu pada posisi 4 ada Partai Perindo yang paling disukai publik. Sebanyak 45,5 persen publik menyukai partai besutan Hary Tanoesoedibjo (HT) itu.





Posisi berikutnya, ada Partai Nasdem dengan angka 43,3 persen. Posisi Nasdem masih di atas PDIP yang berada di angka 42,8 persen.

Kemudian, ada juga Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan angka 39,9 persen, Partai Keadlian Sejahtera (PKS) di angka 38,1 persen, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di angka 34,4 persen.

Menanggapi survei Litbang Kompas tersebut, Pengamat Politik Adi Prayitno menilai tingkat kesukaan publik terhadap Partai Perindo didasari sejumlah faktor. Pertama, bukti kerja konkret, kerja nyata, yang sangat dirasakan langsung manfaatnya oleh rakyat yang dilakukan Partai Perindo selama ini.

"Misalnya kerja nyata yang dilakukan oleh Partai Perindo seperti Gerobak Perindo, ada bantuan sosial, dan bantuan-bantuan UMKM. Saya kira kerja-kerja itu yang membuat orang suka kepada partai politik, seperti Perindo ya," kata Adi Prayitno, Rabu (24/5/2023).

Kedua, kesukaan publik kepada Partai Perindo juga terkait dengan figur dan tokoh yang menjadi kader hingga kemudian menjadi pengurus dari partai yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)