Relawan Jokowi Diyakini Sepenuhnya Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Rabu, 24 Mei 2023 - 13:40 WIB
loading...
Relawan Jokowi Diyakini Sepenuhnya Dukung Ganjar di Pilpres 2024
Calon Presiden (Capres) PDIP Ganjar Pranowo menghadiri halalbihalal yang digelar Relawan Jokowi di Basket Hall, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/5/2023) malam. Foto: MPI/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini sepenuhnya mendukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Dukungan relawan Jokowi kepada calon presiden (capres) lain dinilai bagian dari dinamika politik.

"Relawan Jokowi mendukung Prabowo itu retorika. Para relawan Jokowi cenderung sepenuhnya mendukung Ganjar," kata pengamat politik Emrus Sihombing dalam pernyataannya, Rabu (24/5/2023).

Dia punya alasan meyakini relawan Jokowi bakal mendukung Ganjar. Emrus mengatakan, Ganjar dan Jokowi memiliki garis perjuangan yang sama, berada di satu rumah yang sama, serta mengusung program pembangunan dengan ideologi yang sama.



Menurut dia, aneh jika relawan Jokowi justru mendukung capres yang bukan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), tidak memiliki ideologi yang sama dan programnya berbeda. "Relawan Jokowi wajar mendukung Ganjar karena inline," tuturnya.

Dia melanjutkan, relawan Jokowi mendukung Ganjar juga melihat kelanjutan program pembangunan yang telah dilakukan Jokowi selama dua periode menjabat sebagai Presiden. Dia pun meyakini sepenuhnya relawan Jokowi mendukung Ganjar karena Ganjar tidak akan membiarkan program-program pembangunan yang sudah dikerjakan Jokowi mangkrak.

"Mana mungkin Ganjar apabila jadi (Presiden) nanti membiarkan pembangunan yang dilakukan Jokowi mangkrak. Jika mangkrak berpengaruh ke elektabilitas partai," kata Dosen Universitas Pelita Harapan (UPH) ini.



Untuk diketahui, sedikitnya 15 kelompok relawan Jokowi mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto Pilpres 2024 mendatang. Dukungan tersebut disampaikan oleh para relawan setelah Prabowo makan malam dan wedangan bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di angkringan Omah Semar, Solo, Jumat (19/5/2023) malam.

Koordinator Relawan Pendukung Gibran, Kuat Hermawan Santoso yang mewakili 15 kelompok itu mengatakan, dukungan dari relawan kepada Prabowo sudah melalui proses panjang dan bukan tiba-tiba.

Ia mengungkapkan alasan pihaknya mendukung Prabowo menjadi Presiden di 2024. "Soal komitmen Pak Prabowo untuk meneruskan program kerjanya Pak Jokowi yang menurut teman-teman relawan itu sudah di relnya untuk memajukan bangsa ini," jelasnya.

Kuat mengatakan, Gibran sebelumnya sempat mengundang mereka setelah halalbihalal Lebaran. Awalnya pertemuan malam itu akan dihadiri 100 koordinator relawan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur tapi terbatas kapasitas tempat. "Hari ini setelah ketemu Pak Prabowo semakin yakin dan semoga tetap setia di garis massa," paparnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)