3 Tahap Pendidikan Kopassus, Penuh dengan Latihan Berat dan Mendebarkan

Selasa, 23 Mei 2023 - 12:57 WIB
loading...
3 Tahap Pendidikan Kopassus, Penuh dengan Latihan Berat dan Mendebarkan
Tahapan pendidikan Kopassus memiliki banyak latihan dan kegiatan yang sangat berat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tahapan pendidikan Kopassus memiliki banyak latihan dan kegiatan yang sangat berat. Hanya mereka yang bermental baja serta memiliki tekad kuat yang dapat lulus dan menyandang Baret Merah .

Komando Pasukan Khusus atau Kopassus merupakan pasukan elite yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI). Memiliki reputasi mentereng dan disegani di dunia, tidak semua prajurit bisa menjadi bagiannya.

Bukan tanpa alasan, hal ini didasarkan pada seleksi dan pendidikan berat yang harus dilalui terlebih dahulu oleh calon anggotanya. Berstatus prajurit pilihan, tujuan mereka mendapatkan latihan berat agar nantinya terbiasa dan tidak kaget saat berada di misi sesungguhnya.



Dari rangkaian seleksi anggota Kopassus, nantinya mereka akan mengikuti pendidikan dan latihan sebagai prajurit komando. Secara umum, pendidikan Kopassus terbagi menjadi tiga tahapan, yakni tahap basis, tahap gunung hutan, serta tahap rawa laut.

Tahap Pendidikan Kopassus

1. Tahap Basis

Pada Tahap Basis, prajurit akan dibekali ilmu-ilmu dasar prajurit Komando secara perorangan, kelompok, hingga hubungan tim. Akhir dari tahapan ini ditandai dengan materi Uji Keterampilan Komando (UKK) yang harus diselesaikan selama 12 hari.

Pengalaman pendidikan Komando ini pernah disampaikan oleh Letjen TNI (Purn) Sutiyoso pada buku biografinya yang berjudul “Sutiyoso The Field General: Totalitas Prajurit Para Komando”.

Setelah lolos seleksi awal, Sutiyoso dikirim ke Pusdiklatpassus, Batujajar guna mengikuti pendidikan dan latihan sebagai prajurit Komando.

Pada tahap basis ini, prajurit Komando selama sepuluh minggu termasuk Sutiyoso diajarkan menembak, teknik dan taktik bertempur, operasi raid dan perebutan cepat, navigasi darat, serangan unit komando, serta dasar-dasar pertempuran kota dan sebagainya.

2. Tahap Gunung Hutan

Tahapan ini menjadi aplikasi dari segala materi yang sebelumnya didapat prajurit Komando di Tahap Basis. Nantinya, prajurit harus bisa mempertahankan diri dalam berbagai macam keadaan medan serta cuaca yang ekstrem.

Tahap Gunung Hutan diakhiri Long March dari Bandung ke Cilacap dengan 10 etape siang dan malam sejauh 455 km. Melalui bukunya yang berjudul “Sutiyoso The Field General: Totalitas Prajurit Para Komando”, Sutiyoso juga membagikan pengalamannya ketika menjalani tahap ini.

Menurut penuturannya, pada tahap ini prajurit Komando akan menghadapi tantangan yang semakin sulit, baik dari keadaan alam ataupun rekayasa yang dilakukan instruktur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)