PAN Segera Tentukan Dukung Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto

Senin, 22 Mei 2023 - 16:07 WIB
loading...
PAN Segera Tentukan Dukung Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto
Partai Amanat Nasional (PAN) bakal segera menentukan figur calon presiden (capres) yang akan didukung pada Pilpres 2024, Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) bakal segera menentukan figur calon presiden (capres) yang akan didukung pada Pilpres 2024. Partai berlambang matahari ini punya dua pilihan, akan mendukung Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto .

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan bahwa kurang dari satu bulan, partainya akan memutuskan perihal koalisi dan juga bakal calon presiden (capres). Meskipun PAN masih berpegang pada hasil rakernas bahwa nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menguat, Yandri mengakui bahwa Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) intens berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"PAN tetap berpedoman ke hasil rakernas dulu ya. Hasil rakernas itu salah satunya yang menguat di internal kami kan ada Bang Zul, dan Pak Erick Thohir. Dan nama lain juga, Pak Ganjar juga dalam rekomendasi. Dengan Prabowo, Bang Zul sangat intensif sekarang. Artinya ya bisa jadi antara Pak Ganjar atau Pak Prabowo yang diputuskan nanti," kata Yandri kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023).





Namun, Yandri mengaku belum tahu apa yang akan diputuskan Zulhas terkait dengan bakal capres yang akan didukung. "Tapi kemungkinan menguat antara ke Pak Ganjar dan Pak Prabowo itu kemungkinan besar terjadi," ujarnya.

Yandri menjelaskan, PAN pada Selasa (23/5/2023) malam juga mengadakan rapat di DPP PAN dengan salah satu agendanya membahas isu kekinian, termasuk masalah kontestasi pilpres, walaupun memang PAN itu sudah memberikan mandat penuh kepada Zulhas. Tapi, perkembangan kondisi politik kekinian perlu didiskusikan di internal PAN.

"Dan kami memang sampai sekarang masih melakukan komunikasi dengan semua pihak, pihak di sini dalam artian para capres yang potensial, termasuk dengan tokoh di luar partai untuk dapatkan masukan dan partai-partai yang ada selama ini di KIB plus, artinya dengan PKB, sering juga ada komunikasi, dengan Gerindra juga sering komunikasi," terangnya.

"Nah siapa nama yang akan diusung apakah Pak Ganjar atau Pak Prabowo, atau nama lain saya kira mungkin dalam waktu tidak lebih dari 1 bulan atau ini akan ada keputusan," imbuh Yandri.

Soal kemungkinan nama lain, Wakil Ketua MPR ini menjelaskan, bisa ada kejutan karena semua akan ada difinalisasi pada saat Surat Keputusan (SK) partai keluar, dalam koalisi permanen memenuhi syarat 20% presidential threshold. "Intinya sebelum ada SK keluar, koalisi itu permanen, melengkapi syarat 20% presidential threshold, itu semua bisa kemungkinan terjadi," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)