Survei Cawapres: Sandi Berjaya, Erick Thohir Stabil

Kamis, 18 Mei 2023 - 19:12 WIB
loading...
Survei Cawapres: Sandi Berjaya, Erick Thohir Stabil
Berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Sandiaga Uno teratas sedangkan Erick Tohir di posisi ketiga. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Persaingan elektabitas di bursa calon wakil presiden (cawapres) menarik dicermati. Berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia, tingkat keterpilihan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai cawapres berada di puncak.

Sandi menempati posisi pertama dengan persentase 24,5%. Di belakangnya ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 18,3%, Menteri BUMN Erick Thohir 15,3%, Menko Polhukam Mahfud MD 13,7%, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 7,5%, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 5,7%, dan Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar 1,1%.

"Sandiaga Uno di tren survei kami, kita bandingkan dengan survei tatap muka itu mulai menyalip Ridwan Kamil. Jadi sebelumnya kan Ridwan Kamil teratas tuh dalam survei-survei cawapres kemudian Sandi, Erick, AHY itu berada di peringkat 2,3,4 karena selisihnya itu dalam margin of error di survei tatap muka maupun survei telepon sebelumnya," kata Burhanuddin dalam Rilis Survei secara daring, Kamis (18/5/2023).



"Tapi ini ada perubahan Sandi mulai menyodok, AHY turun, Ridwan Kamil juga turun, Erick kurang lebih stabil di peringkat tiga, Pak Mahfud naik," papar Burhanuddin.

Erick Thohir, kata dia, menjadi sosok cawapres yang stabil di posisi ketiga. Namun dirinya belum mengetahui efek dari perolehan medali emas Timnas U-22 di ajang SEA Games 2023 apakah akan mempengaruhi elektabilitas Erick atau tidak.

"Ini surveinya sebelum Timnas Indonesia menggondol emas. Saya tidak tahu apakah punya efek kepada Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI atau tidak. Tapi sampai awal Mei elektabilitas Erick Thohir masih stagnan di peringkat ketiga. Tetapi ada perubahan di Sandi, Ridwan Kamil, Mahfud, maupun AHY," katanya.

Burhanudin menjelaskan, para pemillih AHY berasal dari pemilih pasangan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Masyarakat yang memilih Erick sebagai cawapres merupakan pemilih Prabowo-Sandi dan juga Jokowi-Ma'ruf.



"Demikian juga dengan Khofifah. Mahfud MD itu kebanyakan dari pemilih Pak Jokowi tapi dalam jumlah yang cukup lumayan juga 21 banding 15 pemilih Pak Prabowo melirik Mahfud. Cak Imin kurang begitu kompetitif tapi berada dari dua capres 2019. Ridwan Kamil sedikit lebih banyak dari pendukung Pak Jokowi, Sandiaga Uno sedikit lebih banyak dari pendukung Pak Prabowo 2019 yang memilih Sandi sebagai cawapres," kata Burhanuddin.

Untuk diketahui survei Indikator Politik Indonesia menggunakan sampel melalui metode random digit dialing (RDD). Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.200 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95% asumsi simple random sampling.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)