Simulasi 3 Capres Indikator: Prabowo Teratas, Ganjar Membuntuti

Kamis, 18 Mei 2023 - 16:28 WIB
loading...
Simulasi 3 Capres Indikator: Prabowo Teratas, Ganjar Membuntuti
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertengger di urutan pertama elektabilitas capres hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Disusul Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertengger di urutan pertama elektabilitas calon presiden (capres) hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Di belakang menyusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, berdasarkan simulasi tiga nama capres, Prabowo mendapatkan persentase sebesar 34,8%.

"Urutan kedua ada Ganjar Pranowo dengan persentase sebesar 34,4% dan posisi ketiga ada Anies Baswedan dengan 21,8%," kata Burhanuddin saat menyampaikan hasil survei secara daring, Kamis (18/5/2023).



Ia menilai Prabowo yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) itu masih konsisten mengalami kenaikan persentase elektabilitas. Hal tersebut, berbanding terbalik dengan Anies Baswedan.

"Sementara Prabowo masih konsisten mengalami penguatan semenjak awal tahun ini, dan Anies cenderung mengalami penurunan," ucapnya.

Untuk diketahui, survei dilakukan pada 30 April hingga 5 Mei 2023 dengan target populasi adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.



Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.200 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)