Budaya Baca di Tengah Gempuran Media Sosial

Rabu, 17 Mei 2023 - 22:04 WIB
loading...
A A A
Dunia buku hari ini juga telah mengalami transformasi dalam bentuk digital dan digitalisasi memberikan satu pengalaman baru yang dulu tak pernah kita bayangkan. Di saat semua orang memiliki kesempatan mendapatkan informasi hanya dengan menggeser jari. “Digitalisasi memang menghadirkan pengalaman yang baru dalam interaksi kita dengan dunia hiburan. Kemudahan untuk megakses, mencari dan menayangkan kembali…."(Kompas, Senin 13 Juni 2005).

Dunia digital ini perlahan telah mengalihkan surat kabar cetak ke medium online. Sementara itu, media online baru terus bermunculan bak jamur . Orang-orang semakin mudah mendapatkan informasi, bersamaan dengan meningkatnya berita bohong dan hoaks, serta kualitas berita yang semakin menurun, mengingat dengan mudahnya orang memproduksi dan mengonsumi suatu informasi tanpa kurasi yang matang.

Problem yang perlu kita pikirkan juga, jika ekosistem buku semakin tersingkirkan ialah, kesenjangan akses bagi mereka yang tidak mampu membeli peralatan tekhnologi, ataupun mereka yang berada pada wilayah dengan akses internet terbatas. Tidak hanya itu, banyak orang yang dapat mengakses internet, namun tidak diiringi dengan kemampuan literasi digital dan kesadaran dalam menggunakannya. Akibatnya, kemudahan yang awalnya kita harapkan justru menjadi penghalang kompetisi diri untuk terus berkembang.

Memandang realitas serta kebutuhan hari ini, kita perlu mengambil jalan tengah. Kemunculan sosial media yang pesat dan perkembangan digital yang terus berkembang, membutuhkan kebijaksanaan dalam mengkombinasikannya. Saat ini, internet telah menjadi bagian yang tak terpisahkan, bahkan konsumsi kita setiap hari. Dari internet kita mendapatkan kemudahan dan kecepatan, namun kita perlu mengimbanginya dengan kualitas membaca yang baik. Dan hanya melalui buku, kita bisa mendapatkanya. Oleh karena itu, ikhtiar menulis dan menerbitkan buku harus terus kita jaga.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)