Karier Militer Teguh Pudjo Rumekso, Jenderal Bintang Tiga Ketua Regu Pelaksana Pemantau Pelanggaran HAM Berat

Rabu, 17 Mei 2023 - 11:15 WIB
loading...
Karier Militer Teguh Pudjo Rumekso, Jenderal Bintang Tiga Ketua Regu Pelaksana Pemantau Pelanggaran HAM Berat
Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso merupakan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso merupakan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam). Beberapa waktu lalu ia ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Regu Pelaksana Pemantau Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran HAM (PPHAM) berat.

Penunjukan tersebut telah diatur dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 2023 tentang Tim Pemantau Pelaksanaan Rekomendasi Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia yang Berat (PPHAM).

Ditunjuknya Letjen TNI Teguh untuk menjadi Ketua Regu Pelaksana tentu mempunyai alasan yang kuat. Selain pernah menjabat di lingkungan Kemenko Polhukam, ia juga mempunyai banyak pengalaman ketika berkarier di militer.


Perjalanan Karier Teguh Pudjo Rumekso

Dalam riwayatnya, Jenderal asal Medan, Sumatera utara ini mengawali karier di militer dengan menjadi perwira pertama Pussenif Kodiklat TNI AD pada tahun 1991. Tak lama setelahnya, ia berlanjut menjadi perwira kodam V/Brawijaya di tahun 1992.

Saat menempuh pangkat perwira menengah atau Letnan Kolonel (Letkol), Teguh dipercaya untuk menjadi Dandim 0904/Tanah Grogot dan kemudian masuk ke ring 1 Istana dengan menjabat sebagai Wadan Grup B paspampres.

Ketika pangkatnya naik menjadi kolonel, beberapa posisi strategis juga pernah diembannya. Antara lain seperti Komandan Korem (Danrem) 172/Praja Wira Yakthi di Abepura, Jayapura, Papua.

Setelah bertugas menjadi Danrem di beberapa wilayah, Teguh kemudian mendapat promosi jabatan sebagai Wadanpussenif Kodiklatad pada tahun 2016. Jabatan barunya ini yang membawanya menjadi sosok perwira tinggi (pati) TNI bintang satu.

Satu tahun berikutnya, pria kelahiran 20 April 1968 ini dialih tugaskan untuk menjadi Kasdam VI/Mulawarman. Namun jabatan itu tidak melekat lama padanya, hingga pada tahun 2018 ia dikembalikan ke Pussenif dengan menjadi Danpussenif Kodiklatad.



Pada tahun 2020, Teguh diamanahi untuk menduduki jabatan barunya dengan menjadi Danpuspenerbad untuk mensupport mobilitas tempur TNI AD. Karena pengalamannya, ia pun kemudian ditunjuk sebagai Pangdam VI/Mulawarman pada tahun 2021.

Selama meniti karier di Korps Baret Merah Kopassus, nama Teguh Pudjo Rumekso ini juga diketahui berpengalaman di bidang pertempuran. Ia tercatat pernah melakukan sejumlah operasi diantaranya seperti Operasi Seroja Timor Timur sekarang Timor Leste, serta operasi pengamanan perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Berbekal dengan pengalamannya itu, Presiden Jokowi pun tak ragu untuk menunjuk peraih tamatan terbaik Akademi Militer (Akmil) atau peraih Adhi Makayasa tahun 1991 ini untuk menjadi Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Polhukam (Sesmenko Polhukam).

Dengan jabatan barunya itu, Teguh Pudjo Rumekso pun otomatis naik pangkat setingkat lebih tinggi atau atau menjadi Letnan Jenderal (Letjen) dengan pangkat bintang tiga.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)