Keamanan Data di Tengah Tsunami Digital

Selasa, 16 Mei 2023 - 11:45 WIB
loading...
A A A
Perlindungan data dan informasi sensitif dalam industri perbankan dan keuangan harus dilakukan dengan cara yang terbaik dan terpercaya. Sistem keamanan yang baik dan terpercaya dapat menghindarkan perusahaan dari serangan siber, virus, malware, ransomware, dan serangan siber lainnya.

Saat PT Jamkrindo terkena serangan serupa dengan BSI di 2021, tindakan cepat langsung dilakukan. Mulai dari pembaruan standar keamanan, pembuatan sistem keamanan, dan sosialisasi prinsip manajemen risiko teknologi informasi. Dengan upaya tersebut, semua prosedur bisnis yang sebelumnya harus dilakukan secara manual, bisa kembali dilakukan secara digital.

Pentingnya keamanan digital sebetulnya tidak hanya berlaku untuk industri perbankan dan keuangan, tetapi juga dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena itu, penggunaan enkripsi dan teknologi keamanan terbaru juga harus diterapkan dalam pengelolaan data dan informasi sensitif.

Informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, data medis, informasi pribadi, dan lain sebagainya harus dilindungi dengan baik agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Selain itu, kita juga harus waspada terhadap ancaman siber dan serangan siber seperti virus, malware, dan ransomware.

Meningkatkan kesadaran akan keamanan digital dan melakukan tindakan yang tepat untuk melindungi diri kita sendiri dan informasi sensitif kita juga sangat penting. Kita harus selalu memperbarui perangkat lunak keamanan kita, seperti antivirus dan firewall. Selain itu, kita harus menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun dan menghindari membagikan informasi pribadi atau sensitif secara online.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3484 seconds (0.1#10.140)