Ini Deretan Jenderal Bintang 3 Kopassus Lulusan Akmil 1990-an Peraih Adhi Makayasa

Selasa, 16 Mei 2023 - 05:49 WIB
loading...
A A A
Karier militer I Nyoman Cantiasa terbilang cukup cemerlang. Pada 2015, I Nyoman Cantiasa pecah bintang dengan menjabat sebagai Danrem 163/Wirasatya kemudian Kasdam XVII/Cenderawasih. Belum lama menjabat, I Nyoman Cantiasa naik pangkat menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) TNI dengan menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bidang Polkamnas Panglima TNI.

I Nyoman kemudian dipercaya memimpin Korps Baret Merah. Dia diangkat menjadi Danjen Kopassus ke-31 menggantikan Mayjen TNI Margiono. Selanjutnya, I Nyoman dimutasi menjadi Pangdam XVIII/Kasuari. Kariernya semakin moncer, I Nyoman Cantiasa selanjutnya diangkat menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Jabatan tersebut membuat bintang emas di pundaknya bertambah menjadi tiga atau disebut Letnan Jenderal (Letjen). Sebelum akhirnya diangkat menjadi Koorsahli KSAD hingga sekarang.

Karier cemerlang I Nyoman Cantiasa tidak hanya di militer. Dalam bidang akademis, dia juga cukup berprestasi. Terbukti I Nyoman Cantiasa tercatat sebagai siswa berprestasi dan pernah menyabet karya tulis terbaik saat mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) XLI Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI pada 2014.

Dia juga pernah terpilih menjadi Komandan upacara penurunan Sang Saka Merah Putih saat HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2013.

Tidak hanya itu beberapa tugas operasi juga pernah dijalaninya mulai dari pembebasan sandera di Papua pada 1996 hingga pembebasan Kapal MV Sinar Kudus oleh perompak di perairan Somalia. Berkat prestasinya, I Nyoman Cantiasa banyak mendapatkan brevet dan tanda jasa di antaranya, Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, dan Satyalancana Ksatria Yudha dan sebagainya.

2. Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso

Ini Deretan Jenderal Bintang 3 Kopassus Lulusan Akmil 1990-an Peraih Adhi Makayasa

Letnan Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat yang saat ini menjabat Sesmenko Polhukam.

Jabatan tersebut didapat berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor 6Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara pada 20 April 1968 ini merupakan abituren Akademi Militer (Akmil) 1991 dari satuan Infanteri Kopassus. Saat mengikuti pendidikan di Akmil, Teguh Pudjo Rumekso berhasil meraih predikat sebagai lulusan terbaik atau Adhi Makayasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)