JK Nilai AHY Punya Kemampuan Menjadi Cawapres Anies Baswedan

Selasa, 16 Mei 2023 - 00:04 WIB
loading...
JK Nilai AHY Punya Kemampuan...
Wapres RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menilai, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki kapasitas untuk menjadi cawapres mendampingi Anies Baswedan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menilai, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki kapasitas untuk menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Anies Baswedan.

Hal itu disampaikan JK seusai menjamu AHY di kediamannya, Jalan Brawijaya Raya Nomor 6, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023) malam. "Kalau Pak AHY ini pasti memiliki kemampuan itu (menjadi cawapres Anies)," kata JK.

Kendati demikian, JK menegaskan tak ingin mencampuri urusan penentuan cawapres Anies. Pasalnya, hal itu merupakan kewenangan partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). "Kalau secara teknis secara ideal itu adalah kewenangan dari pada koalisi dan capres," ujar JK.



Calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 sudah mengerucut menjadi lima nama. Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) memastikan lima nama itu masuk bursa cawapres pendamping Anies.

Nama AHY turut santer digadang-gadang akan menjadi cawapres Anies. Namun, sejauh ini Anies belum memutuskan sosok cawapres yang akan mendampinginya.



Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera pun mengungkap beberapa tokoh yang masuk ke dalam deretan nama-nama cawapres yang hingga saat ini masih digodok KPP.

"Perlu disebut Mas AHY buat saya sangat top list yak. Karena beliau ketua umum partai bawa 54 kursi, kemudian muda, berprestasi," kata Mardani dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk Mengejar Cawapres yang digelar secara daring, Sabtu, 13 Mei 2023.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)