Survei Cawapres 2024: Sandiaga Uno Teratas, Mahfud MD Salip AHY

Senin, 15 Mei 2023 - 15:18 WIB
loading...
Survei Cawapres 2024: Sandiaga Uno Teratas, Mahfud MD Salip AHY
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menjadi tokoh paling banyak dipilih sebagai kandidat cawapres pada Pilpres 2024 menurut hasil survei terbaru Charta Politika pada Mei 2023. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjadi tokoh paling banyak dipilih sebagai kandidat cawapres pada Pilpres 2024 . Ini diketahui dari hasil survei terbaru Charta Politika pada Mei 2023.

"Nomor satu ada Sandiaga Uno di angka 19,8 persen. Saya pikir ini dikarenakan investasi elektoral yang sudah dimiliki Sandi pada pemilu sebelumnya," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam paparan hasil survei secara daring, Senin (15/5/2023).

Di urutan kedua, ada Ridwan Kamil yang terus menempel elektabilitas Sandi dengan perolehan angka sebesar 18,4%. Yunarto menjelaskan, Sandi dan Ridwan Kamil dalam kurun waktu 6 bulan terkahir memang bersaing ketat dalam perebutan posisi pertama sebagai cawapres potensial berdasarkan hasil survei lembaganya selama ini.



Di peringkat ketiga, ada nama Menko Polhukam, Mahfud MD dengan perolehan elektabilitas sebesar 15,2 persen. Kemunculan nama Mahfud ini dianggap mengagetkan. Elektabilitas Mahfud mampu melewati nama-nama tokoh yang sebelumnya kerap diisukan juga sebagai cawapres.

"Bahkan, Pak Mahfud menyalip angka dari AHY, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar yang kita tahu lebih rajin safari politik atau berkeliling," ujarnya.

Yunarto menjelaskan AHY harus puas berada di peringkat keempat dengan perolehan elektabilitas sebesar 10,9%. Disusul, Erick Thohir sebesar 9,2%. Khofifah Indar Parawansa sebesar 5,8% dan Muhaimin Iskandar sebesar 3,5%.

Survei Charta Politika ini dilaksanakan pada 2-7 Mei 2023 lewat wawancara tatap muka terhadap 1.220 responden berusia minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Toleransi kesalahan atau margin of error diterapkan dalam survei ini sebesar ±2,82% dengan tingkat kepercayaan ±95%.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)