Profil Rudolf Albert Rodja, Jenderal Bintang Dua yang Jadi Pejabat Kemenko Polhukam

Sabtu, 13 Mei 2023 - 13:48 WIB
loading...
Profil Rudolf Albert Rodja, Jenderal Bintang Dua yang Jadi Pejabat Kemenko Polhukam
Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) Polri. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) Polri. Saat ini dia mejabat Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Jabatan yang diembannya itu telah diamanahkan sejak 2 Maret 2023 lalu. Sebelum menjadi pejabat di lingkungan Kemenko Polhukam, Rodja adalah sosok polisi yang berpengalaman.


Profil Rudolf Albert Rodja

Rudolf Albert Rodja lahir pada tanggal 31 Mei 1966. Ia memulai karier di kepolisiannya sejak lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1988 hingga sekarang.

Rodja merupakan salah satu jenderal polisi yang pernah menduduki sejumlah posisi penting di instansi kepolisian.

Dimulai pada tahun 2003, Rodja pernah menjabat sebagai Kasat Brimob di Polda Bali. Tiga tahun setelahnya ia menjadi Kapolres Tabanan dan dilanjutkan menjadi Kapolres Buleleng pada tahun 2008.

Di tahun 2009 ia dipindah tugaskan menjadi Wadirsamapta Polda Lampung. Namun, satu tahun kemudian, Rodja kembali dipindahkan untuk menjadi Widyaiswara Muda Sespim Polri.

Dalam rangka Dik Sespinti tahun 2011, Rodja kemudian diangkat menjadi Pamen Polda Papua. Baru berjalan satu tahun, ia kembali dimutasi jabatannya menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Berkat pengalamannya, Rodja pun mulai menduduki jabatan sebagai Wakapolda. Dalam riwayatnya, ia pernah dua kali menduduki jabatan sebagai Wakapolda yaitu Wakapolda Sulawesi Tengah dan Wakapolda Papua.



Untuk menambah pengalamannya, Jenderal bintang dua asal Kupang ini dialih tugaskan untuk menjadi Karoprovos Divpropam Polri. Satu tahun setelahnya, ia ditugaskan untuk menjadi Kapolda.

Tercatat nama Irjen Pol Rudolf Albert Rodja pernah menduduki jabatan sebagai Kapolda di wilayah Papua selama dua tahun berturut-turut yaitu Kapolda Papua Barat (2016) dan Kapolda Papua (2017).

Sejak saat itu, karier kepolisiannya pun semakin melejit. Pada tahun 2009, ia ditunjuk sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Lebih dari itu, kini Irjen. Pol. Rudolf Alberth Rodja tengah mengemban amanat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam (2023).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)