Bursa Cawapres Anies, Mardani PKS: AHY Top List, Khofifah Banyak Dibincangkan

Sabtu, 13 Mei 2023 - 13:02 WIB
loading...
Bursa Cawapres Anies, Mardani PKS: AHY Top List, Khofifah Banyak Dibincangkan
Bakal capres Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden ( cawapres ) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 sudah mengerucut menjadi lima nama. Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) memastikan lima nama itu masuk bursa cawapres pendamping Anies.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera pun mengungkap beberapa tokoh yang masuk ke dalam deretan nama-nama cawapres yang hingga saat ini masih digodok KPP. "Perlu disebut Mas AHY buat saya sangat top list yak. Karena beliau ketua umum partai bawa 54 kursi, kemudian muda, berprestasi," kata Mardani dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk Mengejar Cawapres yang digelar secara daring, Sabtu (13/5/2023).

Selain itu, kata dia, petinggi PKS yang juga mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) juga masih masuk ke dalam pembahasan dari KPP. Sementara, ada juga tokoh di luar koalisi yang saat ini masuk dalam daftar tersebut.





Salah satunya adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. "Bu Khofifah banyak dibincangkan di internal," ujarnya.

Mardani mengakui Khofifah merupakan salah satu tokoh yang perlu dipertimbangkan. Sebab, banyak modal politik yang bisa membuat Anies berpeluang menang di Pilpres 2024.

"Basisnya Jawa Timur, bisa memperkuat elektabilitas Mas Anies, agak bisa kita ambil buat pemilih perempuan, dan mudah-mudahan terbuka akses ke teman-teman Nahdlatul Ulama," tuturnya.



Kendati demikian, dia tidak membocorkan perihal dua nama lainnya yang masuk ke dalam pembahasan Koalisi Perubahan. Yang pasti, kedua nama itu masih terus diperbincangkan.

"Yang keempat kelimanya, akan terus dinamis untuk dibincangkan," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)