Waspada! Gelombang Laut hingga 6 Meter Berpotensi Terjadi di Sejumlah Perairan Sampai Besok

Sabtu, 13 Mei 2023 - 07:41 WIB
loading...
Waspada! Gelombang Laut hingga 6 Meter Berpotensi Terjadi di Sejumlah Perairan Sampai Besok
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang laut tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengeluarkan peringatan dini gelombang laut tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia. Gelombang laut tinggi itu berpotensi terjadi pada hari ini hingga Minggu, 14 Mei 2023.

BMKG mengatakan hal ini dipengaruhi oleh adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 3-15 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan 6-25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan P. Jawa, perairan selatan P. Lombok,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Sabtu (13/5/2023).





BMKG mengungkapkan kondisi tersebut menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25 - 2,5 meter berpeluang terjadi di Selat Malaka bagian utara, Laut Jawa, perairan utara Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian selatan, Laut Bali, Laut Sumbawa, Selat Lombok bagian utara, perairan Kepulauan Sabalana - Kepulauan Selayar, Laut Flores bagian timur.

Kemudian di perairan Wakatobi, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Bitung - Likupang, perairan selatan Sulawesi Utara, Laut Maluku, perairan Kepulauan Banggai - Kepulauan Sula, perairan P. Buru - P. Ambon - P. Seram, Laut Seram, Laut Banda, perairan Kepulauan Sermata - Kepulangan Tanimbar, perairan selatan Kepulauan Kai - Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru.

Sementara itu, peningkatan gelombang yang ada di kisaran 2,50 – 4,0 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh - Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, perairan selatan Banten - Jawa Timur, perairan selatan Bali - Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, perairan selatan P. Sumba dan Samudra Hindia Selatan NTT.

“Sedangkan pada gelombang yang sangat tinggi yaitu 4,0 - 6,0 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Banten - Jawa Timur dan Samudra Hindia Selatan Bali - NTB,” kata BMKG.

BMKG pun mengingatkan potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. “Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2731 seconds (0.1#10.140)