MUI Gelar Training Intensif Calon Khatib Muda Indonesia

Sabtu, 13 Mei 2023 - 05:23 WIB
loading...
MUI Gelar Training Intensif Calon Khatib Muda Indonesia
Para petinggi MUI, Yayasan Majelis Al Washiyyah, dan BSI Maslahat dalam kegiatan training calon khatib muda di Jakarta, Jumat-Sabtu (12-13/5/2023). Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) bersama Yayasan Majelis Al Washiyyah dan BSI Maslahat menggelar Training Intensif Calon Khatib Muda Indonesia I di Jakarta, Jumat-Sabtu (12-13/5/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan Indonesia bermoral melalui khatib yang kompeten dan profesional.

Hadir dalam acara ini Ketua MUI Cholil Nafis; Wakil Sekretaris Jenderal MUI Arif Fahrudin; Komisaris Utama Merangkap Komisaris Independen PT Bank Syariah Indonesia Tbk Adiwarman Azwar Karim; Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro; dan Pengasuh Yayasan Al Washiyyah Mohamad Hidayat.

Pengasuh Yayasan Al Washiyyah, Mohamad Hidayat menyampaikan kepada para peserta Khatib agar mengikuti dengan baik dan sungguh sungguh. “Acara ini didesain untuk mempersiapkan khotib Indonesia yang mempunyai dakwah sejuk ke masyarakat,” kata Hidayat.

Berdasarkan data Dewan Masjid Indonesia, pada 2021 terdapat 3.412 masjid dan 4.444 lokasi kantor yang digunakan untuk musala di Jabodetabek. Karena itu perlu lembaga yang fokus mempersiapkan khatib.

Wakil Sekretaris Jenderal MUI Arif Fahrudin menyampaikan, lewat training intensif ini diharapkan calon khatib bisa menyampaikan pesan dan solusi terhadap permasalahan di Indonesia.

“Ke depan, kebutuhan khatib di Jabodetabek diproyeksi akan meningkat tidak hanya untuk salat Jumat tapi untuk salat Idul Fitri, Idul Adha dan Sholat Gerhana,” kata Arif Fahrudin.



Komisaris Utama Merangkap Komisaris Independen PT Bank Syariah Indonesia Tbk Adiwarman Azwar Karim menyampaikan dengan acara ini diharapkan pesan yang disampaikan khatib bisa tepat sasaran masuk ke para jemaah.

“Dengan latihan yang benar, khatib bisa mempunyai energi dan cara agar bisa membuat pesan masuk ke hati jemaah,” kata Adiwarman.

Materi-materi pelatihan calon khotib dirancang agar khotib-khotib muda dapat memiliki kemampuan dasar yang dilengkapi pengetahuan-pengetahuan tambahan, sehingga mampu menghasilkan khotib yang berkualitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)