Karier Militer Mayjen Marinir Widodo Dwi Purwanto, dari Danton hingga Dankormar

Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:34 WIB
loading...
Karier Militer Mayjen Marinir Widodo Dwi Purwanto, dari Danton hingga Dankormar
Widodo Dwi Purwanto merupakan Komandan Korps Marinir yang baru dilantik pada 2022 lalu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Widodo Dwi Purwanto merupakan Komandan Korps Marinir yang baru dilantik pada 2022 lalu. Kariernya dalam militer tak bisa lagi diragukan.

Pelantikan Mayjen Marinir Widodo Dwi Purwanto sebagai pemimpin di Korps Baret Ungu ini berlangsung pada tahun 2022 lalu, untuk menggantikan Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang diangkat menjadi Dankodiklatal.

Karier Mayjen Marinir Widodo Dwi Purwanto dimulai dari jabatannya sebagai Komandan Pleton 3 Ki F Yonif 4 Marinir. Sebelum menjabat jenderal bintang dua di satuan TNI AL, Widodo telah banyak mencicipi berbagai jabatan.


Riwayat Karier Mayjen (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Semenjak lulus dan dinobatkan sebagai alumni terbaik Akademi Angkatan Laut tahun 1988, Widodo yang telah menyandang pangkat Letnan Dua diposisikan sebagai Danton 3 Ki F Yonif 4 Marinir.

Setelah itu, Widodo sempat mengalami beberapa perpindahan jabatan meski masih dalam lingkup Yonif 4 Marinir, mulai dari menjadi Danton 3 Ki E, Danton 2 Ki F, Danton 1 Ki E, Danton MO Kima, dan Wadanki D.

Ketika telah diangkat sebagai Kapten, pria asal Malang ini lalu menjabat sebagai Komandan Kompi D Yonif 4 Marinir. Dilanjut menjadi Komandan Kompi Markas Yonif 4 Marinir, Kasi Opslat Sops Brigif 2 Marinir, Kasi Rengar Sops Brigif 2 Marinir, hingga Pasi 2 Yonif 2 Marinir.

Pada saat dirinya diangkat menjadi Mayor, Widodo sempat menduduki tiga jabatan yang di antaranya, Wadanyonif 6 Marinir, Kaspri Kormar, dan Danseta Pusdikdasmil.

Pangkatnya kembali naik menjadi Letnan Kolonel ketika menjadi Danyonif 4 Marinir. Tidak sampai disitu, dia juga pernah menjabat sebagai Pasops Brigif 2 Marinir, dan Kasbrigif 3 Marinir.

Setelahnya, Widodo lalu dipercaya untuk menjadi Asops Danpasmar 2 dan pada saat yang bersamaan juga dia menyandang pangkat Kolonel. Lalu, pada tahun 2009 dia mendapat tugas baru untuk menjadi Danbrigif 3/Marinir.

Pada tahun 2010, dia kembali terkena mutasi untuk menjadi Aspers Dankormar sampai tahun 2011. Kemudian menjabat sebagai Dankolatmar hingga tahun 2012.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)