Mantan Kepala BNPB Ganip Warsito Masuk Daftar Caleg PDIP

Kamis, 11 Mei 2023 - 13:44 WIB
loading...
Mantan Kepala BNPB Ganip Warsito Masuk Daftar Caleg PDIP
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap ada 17 purnawirawan TNI-Polri yang masuk daftar caleg PDIP, termasuk mantan kepala BNPB Ganip Warsito. Foto: MPI/jonathan simanjuntak
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) resmi mendaftarkan 580 nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke KPU. Salah satunya mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito .

“Dalam konteks memperkuat pemahaman terhadap pertahanan dan keamanan negara juga direkrut purnawirawan TNI-Polri misalnya dari incumbent ada Mayor Jenderal purn TB Hasanuddin, Sturman Pandjaitan. Dari TNI ada 11 purnawirawan seperti Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, Laksamana Madya TNI Agus Setiadji, Mayor Jenderal TNI Marinir Saud Tambatua, Mayjen Gunawan Pakki, dan Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau yang nanti ditugaskan di Papua,” ungkap Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor KPU, Kamis (11/5/2023).



Selain 11 Purnawirawan TNI, PDIP juga mendaftarkan 6 purnariwaran dari institusi Polri. Sehingga total, terdapat 17 purnawirawan TNI-Polri yang didaftarkan bacaleg dari Partai berlambang Banteng tersebut.

“Jadi memang aspek pertahanan, keamanan juga mendapatkan perhatian serius dari PDIP,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa dari 580 bacaleg yang didaftarkan, 128 di antaranya merupakan incumbent atau sosok lama. PDIP melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk memastikan siapa sosok yang dicalonkan kembali.

“Dari 580 calon anggota legislatif, sebagian besar yang dicalonkan tentu saja juga berasal dari anggota legislatif incumbent itu ada 128, semuanya dilakukan evaluasi dan juga sebagian besar dicalonkan kembali, kecuali ada penugasan lain,” tuturnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)