KPK Ungkap Laporan Harta Kekayaan Kadinkes Lampung Reihana Bermasalah Sejak 2021

Rabu, 10 Mei 2023 - 21:30 WIB
loading...
KPK Ungkap Laporan Harta Kekayaan Kadinkes Lampung Reihana Bermasalah Sejak 2021
KPK menyebut bahwa LHKPN milik Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana Wijayanto sudah bermasalah sejak dua tahun lalu. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut bahwa Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana Wijayanto sudah bermasalah sejak dua tahun lalu.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengungkapkan Reihana sebelumnya pernah dipanggil Tim Kedeputian Pencegahan KPK pada tahun 2021. Saat itu, Reihana diklarifikasi KPK soal LHKPN yang disetorkannya. KPK menemukan adanya kejanggalan dalam LHKPN Reihana.



"Dia pernah kita panggil tahun 2021. Tapi yang 2021 kan enggak seseru yang sekarang. Saya lupa kenapanya. Tapi masih LHKPN, dipanggilnya klarifikasi LHKPN," ujar Pahala saat dikonfirmasi, Rabu (10/5/2023).



Pahala mengamini adanya kejanggalan dalam laporan harta kekayaan Reihana Wijayanto. Salah satunya, tidak dilaporkannya seluruh rekening bank milik Reihana. Reihana punya sekira enam rekening bank. Tapi, yang dilaporkan ke KPK hanya satu rekening.

"Baru kita tahu banknya kok enggak dilaporin, yang lima, sekarang nggak dilaporin lagi," ungkapnya.

Sekadar informasi, Reihana sudah sempat diklarifikasi oleh Tim Kedeputian Pencegahan KPK pada Senin, 8 Mei 2023. Reihana irit bicara saat dicecar pertanyaan oleh awak media berkaitan dengan harta kekayaannya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara tim Kedeputian Pencegahan KPK, ditemukan adanya ketidakwajaran dalam LHKPN milik Reihana. Harta kekayaan Reihana tidak sesuai dengan jabatannya sebagai Kadinkes terlama di Lampung.

Nama Reihana Wijayanto disorot berbagai pihak setelah video Tiktoker Bima Yudho Saputro yang berisi kritikan terhadap Pemprov Lampung viral. Reihana disebut-sebut merupakan Kadinkes terlama di Lampung. Ia sudah 14 tahun menjabat sebagai Kadinkes Lampung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)