Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Teratas, Tinggalkan Ganjar dan Anies Baswedan

Senin, 08 Mei 2023 - 15:09 WIB
loading...
Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Teratas, Tinggalkan Ganjar dan Anies Baswedan
Elektabilitas atau tingkat keterpilihan masyarakat terhadap Prabowo Subianto menduduki peringkat teratas sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Elektabilitas atau tingkat keterpilihan masyarakat terhadap Prabowo Subianto menduduki peringkat teratas sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang. Hal ini terpotret dalam hasil temuan survei yang dilakukan Lembaga survey and Polling Indonesia (SPIN) pada akhir April-Mei 2023 ini.

"Elektabilitas Prabowo masih merajai kontestasi Capres 2024. 33,2% publik masih konsisten menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo," ujar Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara dalam rilis surveinya secara daring, Senin (8/5/2023).



Igor menyatakan bahwa elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) itu bahkan meninggalkan jauh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang juga telah diusung sebagai capres.

"Di posisi kedua ditempati Ganjar dengan perolehan 17%. Dan posisi ketiga di tempati Anies dengan 16,6%," jelasnya.

Sementara, tokoh-tokoh lainnya masih menduduki elektabilitas di bawah 5%. Sedangkan, sebanyak 12,5% publik mengaku belum memiliki pilihan.

Lebih jauh, Igor menyampaikan bahwa ada tren kenaikan secara gradual atau bertahap terhadap Prabowo Subianto. Hal ini berbeda dengan tren elektabilitas dari Ganjar dan Anies yang sempat mengalami pasang surut.

Dia menyimpulkan dari temuan survei tersebut terlihat bahwa Prabowo Subianto sebagai tokoh yang berulang kali maju sebagai capres ini masih mendapatkan tempat di hati masyarakat.

"Itu menunjukkan Prabowo itu masih ada di hati masyarakat. Dan publik atau masyarakat masih memberikan kesempatan kepada Pak Prabowo untuk kembali berlaga di Pemilu 2024," tutur dia.

Survei SPIN ini dilakukan pada tanggal 27 April-4 Mei 2023 dengan menggunakan wawancara via sambungan telepon. Pengambilan sampel sendiri dilakukan dengan metode random digital dialing simple random sampling.



Adapun, jumlah responden yang dipilih dalam survei ini sebanyak 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Sementara, margin of error yang diterapkan sebesar ±2,8% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)