Kapal Perang TNI AL hingga Pasukan Katak Amankan KTT ASEAN ke-42

Jum'at, 05 Mei 2023 - 18:45 WIB
loading...
Kapal Perang TNI AL hingga Pasukan Katak Amankan KTT ASEAN ke-42
TNI AL mengerahkan sejumlah alutsista hingga Satuan Khusus Komando Pasukan Katak (Kopaska), untuk mengamankan KTT ASEAN ke-42. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan sejumlah alat utama sistem senjata (Alutsista) hingga Satuan Khusus Komando Pasukan Katak (Kopaska), untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42. KTT tersebut digelar di Labuan Bajo, Manggarai, NTT.

Adapun alutsista yang dilibatkan pada event Internasional tersebut antara lain KRI dr. Soeharso-990, KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991, KRI Banjarmasin-592, KRI Diponegoro-365, KRI Teluk Youtefa-522, KRI Sultan Nuku-373, KRI Terapang-648, KRI Tongkol-813, Sea Rider, kendaraan bermotor, kendaraan tempur, kendaraan taktis, LCVP dan Helikopter Panther.

Sedangkan pasukan dan material yang dikirimkan adalah Satuan Kopaska, Penyelam serta perlengkapan elektronika. Baca juga: Dahsyat! Pasukan Katak Kopassus Menyelam Tanpa Alat Hampir 3 Menit di Kolam Terdalam se-Asia

"Selain itu, TNI AL juga mendukung dalam hal pergeseran personel maupun material lainnya, seperti mengangkut personel maupun material di antaranya Paspampres, Satkomlek Mabes TNI, Satsiber Mabes TNI, TNI ADm dan TNI AU," bunyi keterangan pers Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Jumat (5/5/2023).

Pengerahan alutsista hingga pasukan khusus tersebut sesuai dengan tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu melaksanakan pengamanan VVIP secara terpadu.

Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 Mei 2023 itu akan dijaga oleh para prajurit TNI AL guna membawa misi yaitu mengantisipasi gangguan keamanan dari laut terhadap keamanan para peserta VVIP Indonesia di KTT ASEAN 2023.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)