3 Brevet Koleksi Mayjen Izak Pangemanan, Sosok Panglima Kodam Cenderawasih

Kamis, 04 Mei 2023 - 22:36 WIB
loading...
3 Brevet Koleksi Mayjen Izak Pangemanan, Sosok Panglima Kodam Cenderawasih
Mayjen Izak Pangemanan merupakan salah satu Perwira Tinggi TNI yang terkena mutasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tanggal 27 April 2023 lalu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Mayjen Izak Pangemanan merupakan salah satu Perwira Tinggi TNI yang terkena mutasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tanggal 27 April 2023 lalu. Kini dia mejabat sebagai Panglima Kodam Cendrawasih .

Keputusan itu tercantum dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia No Kep/426/IV/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Mantan Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III tersebut sekarang bertugas sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih menggantikan Mayjen M Saleh Mustafa.



Sepanjang karier militernya, Mayjen Izak Pangemanan telah mengoleksi tiga brevet yang menunjukkan pengalaman dan keahlian dari jenderal bintang dua itu.

3 Brevet Koleksi Mayjen Izak Pangemanan

Berikut tiga brevet koleksi Mayjen Izak Pangemanan yang dimilikinya.

1. Brevet Komando Kopassus

Sebagai perwira yang pernah bertugas di satuan Kopassus, sudah dipastikan bila pria kelahiran 6 Maret 1969 ini memiliki Brevet Komando Kopassus. Kariernya di satuan khusus itu bermula sejak menjadi Komandan Pleton Hub Denma Kopassus pada 1991.

Tersematnya brevet ini pada seragam Mayjen Izak Pangemanan membuktikan bahwa dirinya pernah menjalani pendidikan komando Kopassus selama 7 bulan nonstop.


2. Brevet Free Fall

Dilansir dari laman resmi TNI, Brevet Free Fall disematkan untuk perwira TNI yang telah menempuh kursus terjun bebas (Free Fall) selama 1,5 bulan.

Kursus yang dijalani ini meliputi pengetahuan alat dan kelengkapan freefall, teknik melipat payung, teknik keluar pesawat, teknik melayang, teknik kemudi/mendarat dan aplikasi penerjunan dengan teknik HAHO/HALO.

3. Brevet Jump Master

Brevet ini membuktikan bahwa Mayjen Izak Pangemanan telah dinobatkan sebagai seorang jump master yang bertugas mengontrol jalannya penerjunan.

Jumpmaster ini wajib memiliki kemampuan teknik pelipatan parasut, teknik spotting, teknik exit, teknik melayang, teknik mengemudi, teknik pattern, dan teknik pendaratan serta emergency procedure.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)