Menjajaki Tantangan Dunia Pendidikan di Era Revolusi Berbasis Digital

Rabu, 03 Mei 2023 - 11:21 WIB
loading...
Menjajaki Tantangan Dunia Pendidikan di Era Revolusi Berbasis Digital
Pranata Humas Ahli Muda Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jatim, I Gede Alfian Septamiarsa. FOTO/DOK.PRIBADI
A A A
JAKARTA - I Gede Alfian Septamiarsa
Pranata Humas Ahli Muda Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Timur

PERUBAHAN dalam dunia pendidikan saat ini tidak terelakkan. Hal ini diikuti dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Di era revolusi berbasis digital saat ini, segalanya semakin dimudahkan. Adanya Internet of Things (IoT) membuat jarak yang dulu terasa jauh sekarang menjadi terasa dekat. Hanya melalui smartphone, kita bisa mendapatkan yang diinginkan.

Sebagai contoh, ketika belanja tidak perlu keluar rumah, pesan makanan tidak perlu ke rumah makannya langsung, pesan ojek tidak harus ke pangkalan ojek. Selain itu, pesan hotel tidak harus pergi ke hotel, pesan tiket tidak harus ke loket tiket. Semuanya cukup pesan lewat gadget yang kita miliki.

Berbagai informasi dari belahan dunia lain juga dapat kita akses dengan cepat dan mudah. Berita-berita aktual tentang perkembangan dunia bisa kita dapatkan hanya dengan membuka internet kapan pun dan di manapun. Sekarang ini dunia seperti berada di genggaman kita.

Hal inilah yang membuat dunia pendidikan memiliki tantangan tersendiri terhadap perkembangan teknologi yang begitu pesat. Pendidikan sebagai tempat untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan membentuk peradaban adalah agen perubahan.

Apalagi adanya Pandemi Covid-19 sempat mengubah sistem pembelajaran guru dan murid di sekolah. Yang awalnya sebelum pandemi, pembelajaran dilakukan secara klasikal di dalam kelas. Sementara ketika terjadi pandemi, pembelajaran dilakukan secara daring atau online menggunakan aplikasi tertentu seperti Zoom, Google Meet, dan sebagainya. Guru dan murid melakukannya di rumah masing-masing.

Penggunaan perangkat saling terhubung dan memiliki kecerdasan buatan. Teknologi yang digunakan dikaitkan dengan cyber physical system atau sistem yang menggabungkan dunia maya dengan dunia fisik dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Teknologi ini sangat memudahkan tugas dan kerja manusia.

Perubahan secara bertahap dan sangat cepat itu merupakan realita yang tidak bisa ditentang. Semua elemen harus menghadapi. Karena itu, yang dibutuhkan saat ini adalah kecepatan dan ketepatan dalam menyesuaikan keadaan. Permasalahannya, belum semua mampu mengikuti perubahan dan perkembangan tersebut.

Kemampuan siswa tidak bisa dipandang sama. Mereka memiliki dan bisa mengoptimalkan potensi masing-masing. Begitu juga para guru juga memiliki keterampilan mengajar yang berbeda-beda. Kecanggihan teknologi mampu membantu dan memudahkan mereka dalam mengoptimalkan kompetensi itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)