Erick Punya Bekal Lengkap, Pengamat: Cawapres 2024 Terkuat

Minggu, 30 April 2023 - 17:21 WIB
loading...
Erick Punya Bekal Lengkap, Pengamat: Cawapres 2024 Terkuat
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menjadi cawapres terkuat di dalam Pilpres 2024 mendatang. Dia punya bekal lengkap dibandingkan tokoh lain. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menjadi calon wakil presiden (cawapres) terkuat di dalam Pilpres 2024 mendatang. Hal ini tidak lepas dari bekal lengkap yang dimiliki ketum PSSI ini.

Direktur PoliEco Digital Insights Institute Anthony Leong mengatakan, sosok Erick ini memiliki banyak perbekalan untuk diusung sebagai cawapres. Bahkan Eks Presiden Inter Milan ini memiliki faktor pembeda dibandingkan dengan kandidat cawapres lainnya.

Faktor pembeda ini adalah dukungan dari organisasi Islam terbesar yakni Nahldatul Ulama (NU). “Salah satu strong point dari Erick Thohir adalah memiliki kekuatan endorsement NU,” kata Anthony kepada wartawan, Minggu (30/4/2023).

Seperti diketahui, Erick Thohir telah mendapatkan dukungan dari para tokoh NU untuk maju di Pilpres 2024. Dukungan ini disuarakan Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf.

Keduanya mengatakan, banyak warga Nahdliyin yang menginginkan agar Erick maju di Pilpres 2024 sebagai cawapres melanjutkan kepemimpinan KH Ma’ruf Amin. Hal ini tidak mengherankan mengingat Erick Thohir juga bagian dari keluarga besar NU. Dia adalah Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke–100 NU.

Di samping itu, CEO Menara Digital ini mengatakan, Erick Thohir memiliki hubungan dekat dengan capres yang akan bertarung seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto . Terbukti Eks Presiden Inter Milan ini kerap terlihat di publik bersama dua sosok pemimpin tersebut.

Tidak hanya itu, hubungan Erick Thohir bersama para elite partai pengusung capres pun sangat dekat. Terutama dengan Presiden Jokowi yang masuk dalam jajaran elite PDIP dan salah satu king maker saat ini.

Terakhir, elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres pun teratas dalam berbagai hasil survei. Terbaru berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia dan Indikator Politik, Erick Thohir berada di posisi teratas.

Dalam hasil survei 10 nama cawapres Poltracking Indonesia periode 9-15 April, elektabilitas Erick Thohir berada di posisi pertama dengan angka 17,1%. Disusul kemudian Sandiaga Uno (15,5%) dan Ridwan Kamil (13,5%).

Kemudian berdasarkan survei terbaru 5 nama cawapres Indikator Politik periode 11-17 April, Erick Thohir konsisten berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 17,3%. Elektabilitas tersebut berada di bawah Ridwan Kamil yang memiliki elektabilitas 22,5% dan di atas Sandiaga Uno (16,8%).

Hal ini memperlihatkan Erick Thohir sebagai cawapres yang mumpuni secara elektabilitas untuk diusung pada Pilpres 2024. “Ada juga faktor kedekatan Erick Thohir dengan dua tokoh capres dan elektabilitasnya sangat tinggi untuk posisi Cawapres 2024," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)