385 WNI yang Berhasil Dievakuasi dari Sudan Diinapkan Sementara di Asrama Haji Pondok Gede

Jum'at, 28 April 2023 - 08:05 WIB
loading...
385 WNI yang Berhasil Dievakuasi dari Sudan Diinapkan Sementara di Asrama Haji Pondok Gede
Menlu Retno Marsudi menjelaskan sebanyak 385 WNI telah berhasil dievakuasi dari Sudan diinapkan sementara di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Foto/MPI
A A A
TANGERANG - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menjelaskan sebanyak 385 Warga Negara Indonesia (WNI) telah berhasil dievakuasi dari Sudan . Lantaran kondisi proses evakuasi yang panjang dan melelahkan, ratusan WNI tersebut akan diinapkan sementara di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Retno menuturkan dari 385 WNI tersebut terdiri dari 248 perempuan, 137 laki-laki dan di antaranya terdapat 43 anak-anak. Dia pun menegaskan 385 WNI yang telah tiba di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang tersebut adalah ketibaan tahap pertama yang berhasil dievakuasi ke Tanah Air.



"Mengingat perjalanan evakuasi sangat panjang dan melelahkan, maka setiba di Jakarta, mereka akan diinapkan sementara di Asrama Haji Pondok Gede. Sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing," ujar Retno dalam jumpa pers di Bandara Soetta, Jumat (28/4/2023).

Retno pun menjelaskan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan, Manusia, dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian/Lembaga terkait telah menyiapkan layanan kepada 385 WNI tersebut. Layanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan disertai layanan konseling.

"Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, dan Pemerintahan Daerah terkait, akan memfasilitasi kepulangan (WNI) ke daerah masing-masing," jelasnya.

Retno menuturkan proses pemulangan evakuasi dari Sudan ke Indonesia akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap kedua pemulangan WNI akan dilakukan tanggal 29 April kemudian tiba pada 30 April 2023.

"Dan pemulangan tahap ketiga sekaligus menutup seluruh proses evakuasi akan dilakukan 30 April dengan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara," tutur Retno.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad didampingi Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono melepas keberangkatan ratusan WNI tersebut dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, pada Kamis pukul 15.00 waktu setempat (19.00 WIB).

“Hari ini sebagian WNI yang sudah dievakuasi kemarin melalui jalur laut dan jalur udara akan dipulangkan secara bergelombang ke Tanah Air,” ujar Dubes Aziz, Jumat (28/4/2023).



“Beberapa dari WNI evakuasi jalur udara tadi malam yang menggunakan kursi roda mendapatkan prioritas untuk diterbangkan hari ini,” kata dia.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)