UEA Bantu 20 Ton APD Corona, Indonesia Balas Kirim Buah dan Sayuran

Rabu, 29 April 2020 - 00:28 WIB
loading...
UEA Bantu 20 Ton APD Corona, Indonesia Balas Kirim Buah dan Sayuran
Presiden Jokowi bersama Putra Mahkota Abu Dhabi UEA Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Foto/Twitter Setkab.go.id
A A A
JAKARTA - Uni Emirat Arab (UEA) telah mengirimkan bantuan berupa 20 ton alat perlengkapan diri (APD) bagi tenaga medis di Indonesia. Bantua telah tiba di Tanah Air, Selasa 28 April 2020 dini hari.

Sebagai gantinya, Pemerintah Indonesia akan mengirimkan buah dan sayuran dari petani sebagai dukungan kepada UEA di masa pandemi virus Corona (Covid-19) saat ini.

Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Achmad Rizal Purnama mengatakan bantuan dari Uni Emirat Arab ini adalah bukti persahabatan antara kedua negara.

“Pertama ini adalah bukti kedekatan Indonesia. Bukan saja kedekatan dan persahabatan pada tingkat kepala negara, yaitu bapak Presiden Jokowi dan Sheikh Muhammad bin Zaid yang sangat dekat. Beliau adalah sahabat dekat. Tapi juga persahabatan antara kedua bangsa dan kedua rakyat Uni Emirat Arab dan Indonesia,” kata Achmad di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa 28 April 2020.

Kedua, kata Achmad, dalam menghadapi masa-masa sulit saat ini bukan saja Indonesia tapi seluruh negara harus menjalin kerja sama. Kolaborasi internasional tetap harus dilakukan. “Tidak ada satu negara pun yang mampu menghadapi atau memitigasi Covid-19 ini sendiri," tandasnya.( )

Menurut Achmad, kolaborasi antarnegara dalam masa pandemi Covid-19 sangat penting. “Kerja sama dan kolaborasi antara dua negara ini masih sangat dibutuhkan. Ini dibuktikan dengan datangnya bantuan dari Uni Emirat Arab itu sendiri,” lanjutnya.

Achmad menjelaskan, ada dua hal penting dalam kolaborasi mendapatkan bantuan atau dukungan dari Uni Emirat Arab berupa alat-alat medis.

“Pada saat yang sama, pesawat yang kembali ke UEA akan membawa buah-buahan segar dan sayuran segar dari petani kita, UMKM kita, sehingga kita bisa memitigasi dampak ekonomi sosial Covid-19,” katanya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)