Puan Pimpin Tim Pemenangan Ganjar, Jateng Diyakini Tetap Kandang Banteng

Rabu, 26 April 2023 - 22:32 WIB
loading...
Puan Pimpin Tim Pemenangan Ganjar, Jateng Diyakini Tetap Kandang Banteng
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Presiden Jokowi, Ketua DPP PDIP Puan Maharani melakukan swafoto dengan capres 2024 yang diajukan PDIP Ganjar Pranowo di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). FOTO/Setpres/Agus Suparto
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Atas penunjukan Puan, PDIP diyakini akan mendulang suara besar di Jawa Tengah pada Pilpres maupun Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

"Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode sudah pasti akan meraup suara besar dari masyarakat yang puas dengan kinerjanya. Apalagi, Ganjar didukung langsung oleh Puan sebagai ketua tim pemenangannya. Sudah pasti Jawa Tengah akan kembali menjadi kandang banteng," kata pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago, Rabu (26/4/2023).

Ganjar yang saat itu adalah anggota DPR dan tak memiliki rekam jejak berkarier di politik Jawa Tengah, awalnya diragukan bisa memenangi Pilkada. Sebab, Ganjar harus berhadapan dengan petahana Bibit Waluyo serta Sekda Jawa Tengah Hadi Prabowo.



Namun, pada akhirnya Ganjar yang berpasangan dengan Heru Sudjatmoko bisa keluar sebagai pemenang. Ganjar Heru meraup 6.962.417 suara atau 48,82%, mengalahkan pasangan Bibit Waluyo-Sudjiono Sastroatmodjo (30,26%) serta Hadi Prabowo-Don Murdono (20,92%).

Pangi menilai Puan selaku tim pemenangan Ganjar saat itu akhirnya berperan besar membuat Ganjar-Heru keluar sebagai pemenang.

"Apalagi, saat ini sosok Ganjar dan Puan sudah terbukti memiliki rekam jejak yang mumpuni dan makin populer di masyarakat. Sudah pasti perpaduan antara Ganjar yang didukung Puan ini akan menjadi duet maut untuk memenangkan suara rakyat Jawa Tengah," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini.

Untuk diketahui, Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kepada Puan Maharani untuk membentuk tim pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Instruksi ini disampaikan Megawati usai mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP.

"Maka saya juga memberikan mandat penugasan kepada Puan Maharani untuk membentuk tim yang dibutuhkan guna memenangkan Pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif 2024," kata Megawati, Jumat (21/4/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)