alexa snippet

Akhir Tragis Tokoh Direnggut Racun Mematikan

Akhir Tragis Tokoh Direnggut Racun Mematikan
Topik Pilihan Koran SINDO.
A+ A-
KASUS kematian Wayan Mirna Salihin yang tewas usai meminum kopi khas Vietnam, di sebuah restoran salah satu mal di Jakarta Pusat pada Rabu, 6 Januari 2016 lalu, menambah catatan orang tewas akibat diracun.

Orang-orang itu terdiri dari beragam profesi dari wartawan, aktivis hingga mantan agen rahasia. Mereka di antaranya:

Akhir Tragis Tokoh Direnggut Racun Mematikan

Yasser Arafaf (Pemimpin Palestina)
Yasser Arafat, pemimpin Palestina selama hampir 4 dekade meninggal dunia pada 11 November 2004 setelah menjalani perawatan beberapa minggu di rumah sakit militer Percy di Paris, Prancis pada usia 75 tahun.

Saat itu dikabarkan bahwa Arafat meninggal akibat penyakit misterius. Beredar spekulasi juga Arafat tewas diracun oleh pihak Israel. Hasil penelitian terbaru pakar radiofisika dari Univeritas Lausanne, Swiss, Francois Bachud menyebutkan, mantan pemimpin PLO itu tewas diracun zat kimia jenis Polonium yang mengandung radioaktif.

Akhir Tragis Tokoh Direnggut Racun Mematikan

Alexander Litvinenko (Mantan petinggi KGB)
Alexander Litvinenko merupakan mantan petinggi dinas rahasia Rusia KGB, yang sekarang menjadi FSB. Litvinenko kemudian membangkang dan melarikan diri ke Inggris.

Selama di pelarian dia mengkritik pemerintahan rezim Presiden Vladimir Putin. Litvinenko tewas usai minum teh hijau yang dicampur radioaktif langka isotop polonium-210 di London tahun 2006.

Pihak berwenang Inggris mengidentifikasi dua warga Rusia, Andrei Lugovoy dan Dmitry Kovtun sebagai tersangkanya. Dugaan pelaku mengarah kepada rezim Presiden Putin saat itu namun disangkal oleh juru bicaranya, Dmitry Peskov.

Akhir Tragis Tokoh Direnggut Racun Mematikan

Munir (Aktivis HAM Indonesia)
Munir Said Thalib adalah aktivis HAM Indonesia yang banyak menyoroti kekerasan oleh aparat keamanan. Jabatan terakhirnya adalah Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial.

Ketika menjabat di Kontras (Komisi Nasional untuk Tindak Kekerasan) namanya melambung saat membela para aktivis korban penculikan 1998. Munir meninggal di Jakarta ketika terbang ke Amsterdam, 7 September 2004. Autopsi menemukan jejak-jejak senyawa.

Akhir Tragis Tokoh Direnggut Racun Mematikan
halaman ke-1 dari 6
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top