Arus Balik di Bakauheni Meningkat, Polisi: Masih Terkendali

Selasa, 25 April 2023 - 01:40 WIB
loading...
Arus Balik di Bakauheni Meningkat, Polisi: Masih Terkendali
Arus balik di Pelabuhan Bakauheni terpantau normal lancar. Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
LAMPUNG - Arus kendaraan di Pelabuhan Bakauheni , Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengalami peningkatan pada H+2. Peningkatan terjadi pada kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin mengatakan bahwa sesuai dengan prediksi bahwa peningkatan ini terjadi dari 24 hingga 25 April sejak siang hingga malam hari yang didominasi kendaraan mobil dan motor.

"Sejak jam 2 siang tadi memang terjadi peningkatan. Peningkatan itu didominasi oleh kendaraan roda empat. Memang sesuai prediksi dimana terjadi peningkatan arus balik tapi masih kondusif aman, walaupun ada peningkatan," ujar Edwin, Senin (24/4/2023).



Menurut Edwin, penumpukan kendaraann di Pelabuhan Bakauheni mengakibatkan adanya penumpukan di sejumlah kantong parkir baik di wilayah timur dan juga wilayah barat. Melihat hal ini, pihaknya langsung melakukan antisipasi.

"Saat kantong parkir timur sudah mulai kosong baik, kita geser ke timur ketika nanti barat sudah mulai terpenuhi lagi," tuturnya.

Terkait soal penerapan lalu lintas yang ada di bakauheni, Edwin mengatakan bahwa sudah ada patokan yang dilakukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kepolisian untuk mengurai antrian yang ada di dermaga eksekutif.

"Untuk di pelabuhan Bakauheni juga, kita juga siapkan kendaraan roda dua. Artinya kanalisasi, mulai dari Jalan Lintas Sumatera kemudian di dermaga dua sudah ada kanalnya," Ucapnya.

"Kanalisasi kendaraan roda dua pada saat disini nanti kita bagi pada saat masuk dermaga. Ketika itu ada penuh, nanti kita siapkan di dermaga lima sebagai dermaga khusus roda dua," pungkas dia.



Sementara itu, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan arus balik cendrung alami peningkatan, hal ini dikarenakan berakhirnya cuti bersama dan sebagian masyarakat sudah mulai kembali masuk kerja pada Rabu (26/4/2023)

"Berdasarkan data Posko Bakauheni selama 24 jam (periode 23 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 24 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau H+1, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 29 unit kapal," Kata Shelvy melalui keterangan tertulis.

Adapun realisasi total penumpang mencapai 47.405 orang atau naik 12% dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 42.165 orang. Total seluruh kendaraan tercatat 10.045 unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H+1 atau naik 13 persen.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)