Pidato Lengkap Ganjar Pranowo Usai Ditetapkan sebagai Capres PDIP

Sabtu, 22 April 2023 - 07:14 WIB
loading...
Pidato Lengkap Ganjar Pranowo Usai Ditetapkan sebagai Capres PDIP
Ganjar Pranowo memberikan pidato usai ditetapkan sebagai calon presiden (capres) 2024 di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/4/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024. Pengumuman nama Gubernur Jawa Tengah itu disampaikan Megawati di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/4/2023).

"Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan Bismillahhirohmannirahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Rrepublik Indonesia dari PDIP," kata Megawati dalam Rapat DPP Partai ke-140 Diperluas Tiga Pilar di Istana Batu Tulis, Bogor.

Ikut mendampingi Megawati saat pengumuman capres 2024 adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPR Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan sejumlah tokoh PDIP lainnya.



Ganjar menilai amanah yang diberikan kepadanya adalah sebuah kehormatan meski tidak mudah menjalankannya. Karena itu, Ganjar meminta dukungan kepada seluruh komponen partai dan masyarakat dalam menghadapi Pilpres 2024.

"Tentu ini adalah sebuah keputusan yang diambil oleh Ketua Umum (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) yang melalui proses yang sangat panjang, sehingga sebuah kehormatan buat saya mendapat penugasan ini sebagai kader partai," kata Ganjar saat menyampaikan pidato perdana usai ditetapkan sebagai Capres 2024 PDIP.

Berikut ini pidato lengkap Ganjar Pranowo setelah resmi diusung menjadi capres 2024 PDIP:


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tentu ini adalah sebuah keputusan yang diambil oleh Ketua Umum (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri), yang melalui proses yang sangat panjang, sehingga sebuah kehormatan buat saya mendapat penugasan ini sebagai kader partai. Di samping tentu ini tugas yang tidak mudah, maka kiranya kawan-kawan yang hadir semua, baik secara luring maupun daring, kepada kepala daerah, ketua DPD PDIP, DPC, PAC, ranting, anak Ranting, Satgas, dan seluruh komponen partai yang lain kami mohon dukungan, kami mohon kritikan, saran. Inilah momentum buat kita untuk mengkonsolidasikan kekuatan untuk bersatu, one for all, all for one.

Tentu ini bukan penugasan saya yang pertama dari partai ini. Awalnya sebelum masuk dalam jabatan publik, kami pernah ditugaskan oleh partai untuk membentuk, membidani lahirnya Badiklat Pusat, setelah itu partai juga memberikan penugasan kepada saya untuk ikut melahirkan Badan Penanggulangan Bencana dan Departemen Otonomi Daerah.

Setelah itu, penugasan diberikan kepada saya untuk menjadi anggota DPR sampai dua periode dan sampai hari ini masih dalam jabatan yang saya emban Ibu Ketua Umum dan PDI Perjuangan memberikan penugasan kepada saya sebagai Gubernur Jawa Tengah 2 periode. Dan hari ini Ibu mengumumkan memberikan amanat kepada saya yang jauh lebih berat, mudah-mudahan saya mampu. InsyaAllah saya akan berjuang dengan baik soal itu, sebagai calon presiden Republik Indonesia.

Ibu Ketua Umum tentu saja proses kaderisasi dan diklat yang saya terima bukanlah begitu saja. Saya lahir dari partai ini, digembleng partai ini dan besar di partai ini dengan nilai-nilai kejuangan partai dengan semangat spirit dan inspirasi dari Bung Karno yang tentu kita sebagai anak-anaknya, sebagai anak bangsa sangat menghormati, mengikuti, dan selalu menjalankan apa yang menjadi pemikiran beliau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)