Antrean Motor hingga 4 Kilometer, Polisi Lakukan Penyekatan di Simpang Tiga JLS Ciwandan

Kamis, 20 April 2023 - 07:10 WIB
loading...
Antrean Motor hingga 4 Kilometer, Polisi Lakukan Penyekatan di Simpang Tiga JLS Ciwandan
Polisi melakukan penyekatan di Simpang Tiga JLS Pelabuhan Ciwandan untuk mengurai antrean motor. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Arus mudik ribuan kendaraan roda dua ke Pelabuhan Ciwandan menyebabkan antrean yang cukup panjang. Guna mencegah penumpukan roda dua di pintu masuk Pelabuhan Ciwandan, polisi pun melakukan penyekatan di simpang tiga penghujung Jalan Lingkar Selatan (JLS), sebelum memasuki jalan Anyer menuju Ciwandan.

Perwira Pengendali Pelabuhan Ciwandan, Kompol Ali Rahman menjelaskan penyekatan tersebut merupakan penghujung dari pengalihan arus kendaraan roda dua dan angkutan barang di Jalan Anyer. Pengalihan dialihkan, lanjut Ali, agar antrean kendaraan dialihkan guna melintasi Kawasan Industri kemudian masuk ke arah JLS.

"Penyekatan dilakukan karena situasi di pelabuhan Ciwandan sudah penuh. Supaya tidak terjadi adanya crossing sepanjang jalur arteri, kita lakukan penyekatan untuk kendaraan roda dua dan angkutan barang," ujar Ali ditemui di penghujung JLS, Kamis (19/4/2023).



Ali mengungkapkan, mulai pukul 22.00 WIB, antrean kendaraan roda dua meningkat hingga puluhan ribu. Ia menyebut panjangnya antrean mulai dari Pos Pengamanan JLS hingga JLS sepanjang 4 kilometer.

"Hari ini ada peningkatan kendaraan roda dua sehingga pemberlakuan penyekatan ini berlangsung mulai pukul 22.00 hingga 05.00 WIB pagi ini," katanya.

Terkait sistem penyekatan tersebut, Ali menegaskan hanya bersifat situasional. Penyekatan diberlakukan jika kantong parkir tunggu Pelabuhan Ciwandan tidak mampu lagi menampung antrean roda dua tersebut.

"Penyekatan ini sifatnya situasional. Tetapi mulai hari ini sampai besok, kemungkinannya kendaraan yang ada disini akan dimeriahkan oleh kendaraan roda dua," tegas Ali.



Berdasarkan pantauan MPI pada pukul 04.55 WIB, antrean kendaraan roda dua terlihat ramai namun lancar di sekitar Jalan Anyer menuju Ciwandan. Kendati demikian, pengalihan roda dua ke JLS tersebut mengakibatkan banyaknya sepeda motor yang tertahan mengantre di sepanjang jalan.

Saat ini kepadatan antrean roda dua di pelabuhan Ciwandan, terpantau ramai. Meski volume kendaraan tetap menumpuk, situasi tetap terkendali berkat adanya penyekatan di jalur sebelum menuju pelabuhan.

Hingga pagi ini, antrean roda dua masih mengular hingga simpang tiga Jalan Lingkar Selatan (JLS). Meski padat, antrean mengalir sembari menunggu di setiap kantong parkir pada pelataran pintu masuk menuju dermaga.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)