Kiprah 3 Anak Megawati Soekarnoputri, Ada yang Jadi Pengusaha hingga Tokoh Politik

Jum'at, 14 April 2023 - 11:08 WIB
loading...
Kiprah 3 Anak Megawati Soekarnoputri, Ada yang Jadi Pengusaha hingga Tokoh Politik
Megawati Soekarnoputri memiliki tiga anak yang kini telah mapan dengan jalan karier yang dipilihnya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Megawati Soekarnoputri memiliki tiga anak yang kini telah mapan dengan jalan karier yang dipilihnya. Ada yang menjadi pengusaha hingga terjun ke dunia politik mengikuti sang Ibu.

Tiga anak Megawati Soekarnoputri ini didapat dari dua pernikahannya. Bersama Surindro Supjarso, Megawati dikaruniai dua anak putra bernama Mohammad Rizki Pratama dan Mohammad Prananda Prabowo. Sementara putrinya, Puan Maharani merupakan anak dari hubungan Megawati dengan Taufiq Kiemas.



Dari beberapa anak Megawati yang telah disebut, mungkin Puan menjadi yang paling dikenal publik lantaran perannya sebagai Ketua DPR RI periode 2019 - 2024.

3 Anak Megawati Soekarnoputri

Berikut kiprah dari tiga anak Megawati Soekarnoputri.

1. Mohammad Rizki Pratama

Mohammad Rizki Pratama merupakan anak sulung Megawati Soekarnoputri yang jarang tersorot media. Hal ini karena pilihan kariernya untuk berwirausaha dan tidak terjun ke dunia politik.

Kehadiran Rizki Pratama sempat curi perhatian ketika menghadiri pemakaman Taufiq Kiemas di 2013 lalu. Pria yang akrab dengan panggilan Tatam ini inilah yang membacakan pidato keluarga di depan Presiden SBY pada saat pemakaman di TMP Kalibata, Jakarta.

2. Mohammad Prananda Prabowo

Berbeda dari sang kakak yang memilih dunia bisnis, Prananda Prabowo justru lebih memilih untuk terjun ke dunia politik menemani sang Ibu dan adiknya.

Kemunculan Prananda pertama kali adalah ketika mengikuti konferensi pers, jelang pembukaan Kongres III PDIP 2010 di Bali.

Namanya semakin dikenal ketika ditunjuk sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif dalam struktur kepengurusan PDIP periode 2015-2020. Selain itu, Pranada juga menjadi konseptor pidato politik Megawati.


3. Puan Maharani

Terakhir ada nama Puan Maharani yang terbilang lebih punya nama ketimbang kedua kakaknya di dunia politik. Dilansir dari laman DPR RI, karier Puan di politik dimulai dengan menjabat sebagai Anggota Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI periode 2009-2014.

Tidak hanya itu, Puan juga merangkap sebagai anggota Komisi VI DPR RI periode 2009-2012. Pada periode yang sama, putri Megawati ini ditunjuk sebagai Ketua I Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

Usai menjalankan tugas di Komisi VI DPR RI, Puan kembali menduduki kursi DPR RI untuk jadi Anggota Komisi I periode 2012-2014. Pada saat yang sama juga dia menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

Ketika Joko Widodo terpilih sebagai Presiden di tahun 2014, Puan lalu diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang PMK hingga tahun 2019. Barulah setelah melepas jabatannya sebagai Menteri, Puan dipercaya untuk menjadi Ketua DPR RI.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)