Arus Mudik, Sistem One Way Tol Cikampek-Cipali dari KM 72 hingga KM 414

Kamis, 13 April 2023 - 12:50 WIB
loading...
Arus Mudik, Sistem One Way Tol Cikampek-Cipali dari KM 72 hingga KM 414
Korlantas Polri akan memberlakukan sistem satu arah atau one way di KM 72-KM 414 untuk mencegah kemacetan di Tol Cikampek ke Cipali saat arus mudik Lebaran 2023. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Korlantas Polri akan memberlakukan sistem one way atau satu arah di KM 72-KM 414 untuk mencegah kemacetan di Tol Cikampek ke Cikopo-Palimanan (Cipali) saat arus mudik Lebaran 2023. Sementara Tol Jakarta-Cikampek dilakukan contraflow.

Hal ini disampaikan Direktur Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan usai menghadiri rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengenai persiapan jalan tol pada Lebaran.

"Untuk jalan tol terutama ke arah timur, jalan Tol Jakarta-Cikampek kemudian Cipali karena itu ada bottleneck dari Cikampek ke Cipali kita akan melakukan rekayasa lalu lintas one way untuk Cipali KM 72 hingga KM 414," kata Aan saat konferensi pers secara virtual, Kamis (13/4/2023).



Sementara itu, untuk jalur Tol Jakarta-Cikampek akan dilakukan contraflow.

"Kemudian di Jakarta-Cikampek karena sudah 4 lajur, ini kita maksimal akan melakukan contraflow 3 lajur, sehingga masyarakat pengguna jalan yang akan mengarah ke Jakarta dari Bandung maupun dari timur Cikopo ini bisa melalui jalan tol pada saat contraflow diberlakukan di Jakarta-Cikampek," kata Aan.

Begitu juga sebaliknya saat arus balik. Pengguna jalan tol dari arah Jakarta menuju timur saat diberlakukan contraflow di Jakarta-Cikampek, masih diberikan akses satu lajur dan bahu jalan. Dengan begitu tidak ada akses yang tertutup pada saat arus mudik maupun arus balik dari Bandung maupun dari Jakarta menuju Bandung saat arus balik.

Pada kesempatan itu, Aan juga melaporkan akan diberlakukan delay system di rest area 43 arah Jakarta-Merak untuk mengatur kendaraan yang akan mengarah ke Dermaga Pelabuhan Ciwandan.



"Untuk arah Merak kita akan berlakukan delay system di Rest Area 43, kemudian di Rest Area 68. Ini maksudnya untuk mengatur kendaraan yang akan mengarah ke Dermaga Merak maupun ke Ciwandan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8949 seconds (0.1#10.140)