Ratusan Kiai NU Gabung Hanura, Siap Nyaleg di Pemilu 2024

Kamis, 13 April 2023 - 08:12 WIB
loading...
Ratusan Kiai NU Gabung Hanura, Siap Nyaleg di Pemilu 2024
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) bersama perwakilan kiai yang bergabung dengan Hanura. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ratusan Kiai Nahdlatul Ulama (NU) menyatakan diri bergabung dan siap berjuang bersama Partai Hati Nurani Rakyat ( Hanura ). Mereka siap nyaleg atau daftar sebagai calon anggota legislatif untuk maju di Pemilu 2024 .

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) menyambut baik keputusan ratusan kiai NU bergabung dengan Hanura. Oso yakin kehadiran para kiai tersebut bakal memperkuat semangat dan arah perjuangan Partai Hanura dalam membangun dan memajukan Indonesia.

"Alhamdulillah, pada pertemuan malam ini, ratusan kiai NU menyatakan bergabung dan siap berjuang bersama Partai Hanura. Dengan kesadaran hati nurani, mereka akan mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya warga nahdliyin untuk menjadi bagian dalam memperjuangkan kemenangan partai," ujar OSO di sela acara buka puasa bersama (bukber) dan silaturahmi keluarga nahdliyin di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (12/4/2023) malam.



Acara bukber dan silaturahmi tersebut diawali dengan Khotmil Qur'an dan Istigasah Keramat. Kegiatan tersebut dihadiri ratusan Kiai NU dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Sebelum resmi bergabung, sejumlah perwakilan kiai membacakan "Maklumat Kramat" atau ikrar para ulama untuk berjuang bersama Hanura. Usai pembacaan 10 poin Maklumat Keramat, sebanyak 10 orang kiai disematkan jaket Partai Hanura sebagai simbol bergabungnya para kiai dengan partai pemilik nomor urut 10 di Pemilu 2024 itu.

Penyematan jaket kepada 10 perwakilan kiai dari sejumlah daerah secara langsung dilakukan OSO. Perwakilan kiai itu di antaranya adalah KH Abdul Hayyi, KH Lutfi Hermawansyah, KH Idham Kholid, DR Soleh Basyari, KH Sahri Sholihin, KH Mansyur Syaroji, dan KH Goes Siradj.

OSO menuturkan, para kiai yang bergabung dengan Partai Hanura akan menjadi calon anggota legislatif (caleg), dan pengurus di berbagai tingkatan. Namun, kata OSO, ada juga kiai yang sekadar berkomitmen untuk membesarkan dan memenangkan Partai Hanura di pemilu mendatang.

"Ada yang jadi caleg, pengurus, dan mendukung. Kita semua tahu, para kiai ini omongannya tidak neko-neko, apa yang yang mereka ucapkan, itu yang ada di hati mereka. Dan apa yang mereka ucapkan, pasti sesuai dengan hati nuraninya," tuturnya.

OSO mengungkapkan, selain para kiai senior, kader-kader muda NU juga menegaskan sikap untuk ikut bergabung dan berjuang bersama Partai Hanura. Dia menilai kehadiran para pemuda itu merupakan energi besar, karena para ulama muda sangat dibutuhkan dalam pembangunan bangsa.

"Alhamdulillah, yang bergabung dan berkomitmen untuk memperkuat Partai Hanura, banyak yang muda-muda. Mereka juga berprofesi sebagai tenaga pendidik sehingga dapat berjuang bersama Partai Hanura untuk memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Periode 2017-2019 ini.

OSO pun menyampaikan terima kasih atas kerja keras Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Hanura, yang telah berhasil mengonsolidasikan para ulama untuk berjuang di Pemilu 2024. "Banyak yang muda-muda, ada yang sepuh juga tapi punya semangat tinggi. Ini berkat gerakan Bappilu Partai Hanura," pungkas Mantan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)