Menag Yaqut Akan Jadikan Laporan Triwulan Tradisi di Kemenag

Kamis, 13 April 2023 - 05:18 WIB
loading...
Menag Yaqut Akan Jadikan Laporan Triwulan Tradisi di Kemenag
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi laporan hasil pengawasan Inspektorat Jenderal (Itjen) pada triwulan I 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi laporan hasil pengawasan Inspektorat Jenderal (Itjen) pada triwulan I 2024. Menag optimistis dengan kinerja Kementerian Agama (Kemenag) karena Itjen bekerja semakin proper dengan gaya lebih sistematis.

"Dengan pengawalan dari Itjen semua program prioritas menteri dapat terlaksana dan memastikan tak ada praktik fraud di Kemenag," kata Menag Yaqut usai mendengarkan pemaparan hasil pengawasan Itjen pada triwulan I 2024 di ruang menteri, Rabu (12/4/2023).

Menag akan menjadikan tradisi laporan triwulan ini sebagai pemicu dan pemacu bagi unit Eselon I lain agar menerapkan sistem yang sama, sehingga kinerjanya terukur.


Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim mengatakan, laporan pengawasan memuat tentang pengawasan program prioritas menteri, pengawasan pengadaan barang/jasa, pengawasan laporan keuangan tahun anggaran 2022 dan akuntabilitas realisasi anggaran 70%, dan pengawasan penyelenggaraan ibadah haji. Hasil pengawasan ini ditargetkan menjadi acuan perbaikan layanan publik, khususnya pada sektor agama.

"Dengan transformasi pengawasan yang dilakukan Itjen ditargetkan dapat mendorong tercapainya tujuan organisasi yakni program-program yang menjadi prioritas menteri, hari ini kami laporkan kinerja pengawasan di triwulan I," katanya.

Laporan yang bertajuk Lapor Pak ini merupakan hasil kinerja pengawasan yang berpedoman pada Agenda Prioritas Pengawasan (APP) 2023. APP sebagai peta pengawasan berfokus pada tiga sektor, yang mencakup 10 tema dan 29 topik dalam pembangunan bidang agama dan pendidikan yang sejalan dengan amanat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag.

Hadir dalam pemaparan ini, Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim dan seluruh jajaran pejabat eselon II di lingkungan Itjen.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)