Waspada! Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Hari Ini dan Besok

Rabu, 12 April 2023 - 05:20 WIB
loading...
Waspada! Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Hari Ini dan Besok
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada Rabu (12/4/2023) dan Kamis (13/4/2023). Foto/Ilustrasi/Antara
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada Rabu (12/4/2023) dan Kamis (13/4/2023). Ada sejumlah wilayah yang berpotensi gelombang tinggi hingga 4 meter.

BMKG menginformasikan bahwa pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 3 - 25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, Laut Flores, perairan P. Sumba, perairan Kupang - P. Rotte, dan Samudra Hindia Selatan NTT," bunyi keterangan tertulis BMKG yang dikutip pada Rabu (12/4/2023).





Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P. Simeulue – Kepu;auan Mentawai, perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh - Kepulauan Mentawai, perairan selatan P. Sumba, perairan P. Sawu - Kupang - P. Rotte, Laut Sawu, Selat Sumba bagian barat, dan Selat Sape bagian selatan.

Berikutnya, Laut Natuna Utara, Selat Sunda bagian utara, perairan utara Banten, perairan Kepulauan Seribu, Laut Jawa, perairan selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian selatan, perairan Kepulauan Sabalana, perairan Kepulauan Selayar, Laut Flores, perairan Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Bitung, Laut Maluku bagian utara, perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, Samudra Pasifik Utara Halmahera, dan Samudra Pasifik Utara Papua Barat - Papua.

"Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2,5 – 4,0 meter berpeluang terjadi di perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Samudra Hindia Barat Bengkulu - Lampung, perairan selatan Banten - Jawa Timur, perairan selatan Bali - Sumbawa, Selat Bali - Lombok - alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Banten - NTT," tulis BMKG.

Untuk itu, BMKG meminta kepada masyarakat untuk diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran : perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m).

"Kapal ukuran besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m)," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2652 seconds (0.1#10.140)